Kurang Minum Air Putih Bisa Picu Sakit Gigi, Kok Bisa?

Ilustrasi sakit gigi. Foto: Shutterstock

Setiap organ tubuh membutuhkan air supaya dapat berfungsi optimal. Mulai dari menjaga suhu tubuh tetap normal, melumasi otot, hingga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Bagi Anda yang aktif, laki-laki dianjurkan mengonsumsi 3,7 liter air sehari, sedangkan perempuan 2,7 liter air sehari.

Sebenarnya, anjuran ini dapat berbeda berdasarkan tempat tinggal, pola diet, temperatur ruangan, aktivitas sehari-hari, lingkungan, kesehatan, dan saat dalam kondisi hamil. Namun, pastikan Anda mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari.

Manfaat Mencukupi Kebutuhan Air untuk Kesehatan Gigi

Usahakan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap hari. Bila sulit dilakukan, Anda bisa menyiapkan botol berisi air putih di hadapan Anda.

Tak hanya mengoptimalkan kinerja tubuh, mencukupi kebutuhan air juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Lantas, apa saja manfaat itu?

1. Meningkatkan produksi air liur

Mencukupi kebutuhan air minum dapat menjaga kesehatan gigi. Foto: Shutterstock

Mengonsumsi air putih akan meningkatkan produksi air liur untuk membantu proses pencernaan makanan serta menjaga mulut dari bakteri yang berisiko merusak gigi.

Air liur mengandung kalsium, fluoride, dan phosphate ion untuk melindungi enamel gigi. Selain itu, air liur juga menjaga warna gigi tetap putih, melawan bakteri penyebab infeksi, serta mencegah penyakit gusi akibat plak dan bakteri.

Sisa makanan dan minuman dapat menimbulkan plak yang merusak enamel gigi Anda. Maka, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik agar gigi terhindar dari pengeroposan dengan kandungan mineral pada air putih.

2. Mengurangi risiko dehidrasi

Ilustrasi minum air mineral. Foto: Shutterstock

Seperti yang telah dijelaskan, air liur memegang peranan penting pada kesehatan mulut, seperti menjaga nafas tetap segar dengan membersihkan gigi, lidah, serta gusi. Saat dehidrasi, mulut cenderung kering, sehingga meningkatkan masalah pada gusi dan mulut.

Pada mulut yang kering, bakteri dan plak akan berkembang dengan cepat, terutama saat Anda tidur. Bila dehidrasi makin parah dapat menyebabkan keringnya rongga mulut yang bisa memicu penyakit pada area mulut.

3. Mencegah bau mulut

Mencukupi kebutuhan air juga dapat mencegah bau mulut. Foto: Shutterstock

Bau mulut tak hanya mengganggu orang lain, tapi juga memudarkan rasa percaya diri Anda. Tahukah Anda, salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya minum air putih.

Mulut yang kering akibat kurang minum air putih menyebabkan partikel seperti plak dan sel-sel mati menumpuk pada lidah, gusi, serta dinding pipi. Jika tidak dihilangkan, sel-sel tersebut akan terurai di dalam mulut menjadi penyebab bau mulut.

Partikel tersebut akan hilang bersama sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi hanya dengan minum air putih secara rutin. Maka, penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupan air putih yang cukup setiap hari.

Itulah alasan mengapa kita perlu mencukupi kebutuhan air putih per hari. Tidak hanya itu, konsumsi air putih yang cukup akan membuat Anda merasa lebih segar dan bersemangat sepanjang hari.

Pastikan Anda memilih air mineral yang dikemas secara higienis, seperti Le Minerale. Dengan kemasan yang menggunakan teknologi perlindungan ganda (double protection), Le Minerale terjamin bersih dan aman.

Tak hanya itu, air mineral ini juga berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih di Indonesia dengan kandungan mineral alami yang dikemas dengan mineral protection system yang dapat mengoptimalkan kesehatan tubuh.

Le Minerale kini tersedia dalam kemasan botol dengan 3 varian ukuran, 330 ml, 600 ml, dan 1.500 ml. Anda juga bisa memilih kemasan galon untuk persediaan air mineral di rumah. Tuang Le Minerale ke dalam botol dan simpan di dekat Anda agar lebih praktis.

Jadi, jangan lupa mencukupi kebutuhan air mineral dengan Le Minerale, ya!

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Le Minerale

Comments are closed.