KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Sudah Lapor LHKPN ke KPK

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memperkenalkan Serda Aprilia Manganang via videotron di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (9/3). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

KPK telah menerima laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Laporan tersebut dikirimkan melalui aplikasi e-LHKPN pada 20 Juni 2021.

“Benar. KPK telah menerima laporan kekayaan atas nama KSAD melalui aplikasi eLHKPN pada 20 Juni 2021,” kata plt juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding, saat dihubungi, Senin (28/6).

“KPK saat ini sedang melakukan verifikasi administratif atas laporan tersebut,” sambungnya.

Ipi mengatakan, verifikasi administratif dilakukan dengan meneliti ketepatan dan kelengkapan pengisian LHKPN termasuk surat kuasa mendapatkan data keuangan.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Komisi No. 02 tahun 2020 KPK akan menyampaikan hasil verifikasi paling lambat 60 hari sejak LHKPN disampaikan.

Nantinya, bila ada kekurangan, Andika wajib melengkapi paling lambat 30 hari setelah menerima pemberitahuan.

Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK yang baru Ipi Maryati menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sebelumnya, tidak ada catatan dari Andika terkait LHKPN KPK. Padahal, Andika merupakan salah seorang perwira tinggi TNI AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sejak tanggal 22 November 2018.

Menantu mantan Kepala BIN AM Hendropriyono itu juga pernah menjabat sejumlah posisi strategis. Mulai dari Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII Tanjungpura, Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), hingga saat ini KSAD.

Andika saat ini menjadi salah satu calon kuat untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada akhir 2021 ini.

Comments are closed.