Koster soal Bali Terapkan PPKM Darurat: Ini Perintah, Untuk Keamanan Kita Semua

Gubernur Bali Wayan Koster. Foto: Denita BR Matondang/kumparan

Gubernur I Wayan Koster menilai seluruh daerah di Bali masuk dalam wilayah PPKM Darurat bukan persoalan tepat atau tidak tepat. Hal ini merupakan keputusan pemerintah pusat dan demi keamanan seluruh warga.

“Jadi bukan soal tepat tidak tepat ini perintah harus dilaksanakan untuk keamanan kita semua,” kata dia kepada wartawan, Jumat (2/7).

Penetapan wilayah di Bali yang masuk PPKM Darurat terus berubah-ubah. Pada Rabu (30/6) lalu, Ketua Satgas COVID-19 Bali Dewa Made Indra menyatakan Bali tidak masuk wilayah yang menerapkan PPKM Darurat. Hal ini karena wilayah yang menerapkan PPKM darurat adalah wilayah zona merah COVID-19 sementara itu Bali masuk zona oranye COVID-19.

Selanjutnya, Kamis (1/7) kemarin, Kepala Bidang Penegakkan Hukum dan Pendisiplinan Satgas-19 Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi menyatakan dari 9 Kab/kota di Bali hanya 7 wilayah yang menerapkan PPKM Darurat.

Wilayah tersebut adalah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Klungkung, dan Kabupaten Bangli.

Kemudian pada Jumat (2/7) hari ini, Ketua Satgas COVID-19 sekaligus Gubernur Bali Wayan Koster mengumumkan 9 kabupaten/kota menerapkan PPKM Darurat. Dua wilayah lainnya adalah Kabupaten Tabanan dan Karangasem.

Koster mengatakan, keputusan untuk menerapkan PPKM Darurat di seluruh wilayah Bali adalah untuk mengendalikan mobilitas penduduk.

“Ini karena Bali satu kesatuan wilayah semua bup/wali kota sepakat kita menerapkan kebijakan yang sama sama, se-Bali. Karena yang di Karangasem juga berinteraksi di Denpasar, banyak warga Karangasem bekerja di Denpasar dan balik lagi ke Karangasem. Begitu juga Tabanan,” kata dia.

PPKM Darurat level 3 di 9 kabupaten/kota se-Bali berlaku 3-20 Juli 2021. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali.

Teknis pelaksanaan PPKM Darurat sebagian besar sesuai dengan arahan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, kecuali dalam kegiatan keagamaan. Koster mempersilakan kegiatan keagamaan dilaksanakan dengan sangat terbatas dan seizin Satgas COVID-19 kabupaten/kota.

Comments are closed.