Korea Selatan Catat Rekor Baru Kenaikan Kasus COVID-19 Selama Pandemi

Orang-orang memakai masker untuk menghindari penyebaran virus corona di Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/5). Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji

Korea Selatan mencatatkan rekor baru kenaikan kasus harian COVID-19 pada Kamis (8/7). Para pejabat pemerintah kini tengah mempertimbangkan memperketat kembali pembatasan jarak sosial.

Mengutip Reuters, Korea Selatan mencatatkan 1.275 kasus corona baru dalam 24 jam terakhir hari ini. Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), ini lebih tinggi dari puncak kasus harian yang dilaporkan pada gelombang ketiga negara itu di Desember 2020.

Sebelumnya, pemerintah mengingatkan pada Rabu (7/7), bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menaikkan pembatasan pergerakan ke level tertinggi. Sebab gelombang keempat menyebar dengan cepat, terutama di antara orang-orang yang tidak divaksinasi berusia 20-an dan 30-an.

Seorang wanita yang meneganakan masker saat berfoto bersama pasangannya di taman sungai Han di Seoul, Korea Selatan. Foto: Kim Hong-Ji/REUTERS

Hal ini terjadi seiring munculnya varian Delta yang mulai banyak teridentifikasi di Korea Selatan. Varian yang lebih cepat menular ini pun tengah menjadi kekhawatiran baru para pejabat kesehatan.

Di sisi lain, baru 10% dari 52 juta populasi di negara itu yang telah divaksinasi lengkap. Sementara 30% yang telah menerima setidaknya satu suntikan dosis vaksin COVID-19, yang mayoritasnya berusia di atas 60 tahun.

Hingga kini, Korea Selatan mencatatkan 164.028 kasus konfirmasi dan 2.034 kematian akibat COVID-19.Korea Selatan Catat Rekor Baru Kenaikan Kasus COVID-19 Selama Pandemi

Comments are closed.