Korban Tewas Gedung Runtuh di Florida Jadi 60 Orang, 80 Masih Hilang

Anggota tim SAR berdiri saat mengheningkan cipta dan berdoa di depan puing-puing gedung Champlain Towers South yang runtuh di Surfside, Florida, Amerika Serikat. Foto: Miami-Dade Fire Rescue/Reuters

Korban tewas akibat gedung runtuh di Kota Surfside, Miami, Florida, Amerika Serikat, bertambah menjadi 60 orang. Namun, masih ada 80 orang yang masih belum ditemukan.

“Kami bekerja sepanjang waktu untuk menemukan para korban dan memberi kepastian kepada keluarga [mereka] secepat mungkin,” kata Wali Kota Miami-Dade Daniella Levine Cava kepada, Kamis (8/9), dikutip dari AFP.

Sebelumnya, kondomium Champlain Towers South di Surfside, Miami, yang memiliki 12 lantai runtuh pada 24 Juni lalu. Hingga saat ini tak ada satu pun korban selamat yang ditemukan.

Anggota tim SAR berdiri saat mengheningkan cipta dan berdoa di depan puing-puing gedung Champlain Towers South yang runtuh di Surfside, Florida, Amerika Serikat. Foto: Jose A Iglesias/Reuters

Pada Rabu (7/7), pihak berwenang mengumumkan bahwa misi pencarian dan penyelamatan untuk calon korban selamat telah beralih menjadi operasi penemuan jenazah. Sebab bangunan itu jatuh lurus ke bawah dan meratakan tiap lantai, sehingga hampir tidak meninggalkan ruang kosong atau ruang di mana manusia bisa selamat dari benturan.

Namun terlepas dari keputusan tersebut, Walikota Surfside Charles Burkett mengatakan penyelamat belum putus asa. Mereka masih berdoa akan ada keajaiban.

Tetapi pejabat lainnya mengatakan tim SAR telah mengheningkan cipta untuk memberi penghormatan kepada para korban pada Kamis dini hari waktu setempat, tepat 2 minggu sejak gedung itu runtuh.

Hingga kini, penyelidik belum dapat memastikan penyebab bangunan berusia 40 tahun itu runtuh. Namun, sebuah laporan teknik pada 2018 menemukan kerusakan struktural besar dari pelat beton di bawah dek kolam hingga kolom dan balok di garasi parkir bangunan, yang kini tengah menjadi fokus penyelidikan.

Petugas darurat melakukan upaya pencarian dan penyelamatan di bangunan runtuh di Surfside, dekat Miami Beach, Florida, AS, (29/6). Foto: Joe Skipper/REUTERS

Di sisi lain, ketua asosiasi kondominium Jean Wodnicki sempat mengungkap kerusakan terjadi lebih cepat sejak saat itu dan perbaikan akan segera dimulai. Ini ia katakan dalam sebuah surat kepada penduduk pada April lalu.

Sementara itu, pihak berwenang setempat telah memerintahkan peninjauan keamanan terhadap bangunan terdekat setelah insiden ini. Termasuk pada Champlain Towers North, menara kembar dari blok kondominium yang runtuh.

Comments are closed.