Konsorsium Jasa Marga Bangunan Tol Akses Pelabuhan Patimban, Target Selesai 2024

Presiden Joko Widodo meninjau unit-unit mobil siap diekspor saat kunjungan kerja ke Kawasan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).
Foto: Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden

Konsorsium yang dipimpin PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap membangun jalan tol akses Pelabuhan Patimban, di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tol akses sepanjang 37,05 km itu akan menghubungkan ruas Tol Cikopo-Palimanan di Kecamatan Cipeundeuy, Subang, ke Pelabuhan Patimban.

Pembangunan jalan tol akses pelabuhan tersebut, ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) antara Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) yang diketuai Danang Parikesit, dengan konsorsium gabungan BUMN, swasta, serta BUMD. Anggota konsorsium terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRC), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Subang Sejahtera.

Konsorsium selanjutnya membentuk PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Perusahaan tersebut merupakan pemenang lelang pembangunan Jalan Tol Akses Patimban.

“Jalan Tol Akses Patimban ini akan menjadi jalan tol yang menghubungkan akses antara Kawasan Industri di Jawa Barat dengan Pelabuhan Patimban. Selain itu juga akan menjadi jalur alternatif masyarakat di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang,” kata Direktur Utama PT JAP, Victor Nazarenko Mahandre, melalui pernyataan resmi, Selasa (24/1).

Dia menjelaskan Jalan Tol Akses Patimban memiliki total panjang 37,05 km. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun tol itu sebesar Rp 5,02 triliun, dengan masa konsesi selama 50 tahun.

Proyek tersebut juga mendapat penjaminan dari PT Penjaminan dan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII. Perjanjian Penjaminan telah diteken oleh Direktur Utama PII M. Wahid Sutopo dan Direktur Utama PT JAP Victor Nazarenko Mahandre.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Akses Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, antara konsorsium yang dipimpin Jasa Marga dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Foto: Dok. Jasa Marga

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi 1 Junction Cipendeuy-Simpang Susun (SS) Cipendeuy dan Seksi 2 SS Cipendeuy-SS Pasir Bungur. Total panjangnya 14,11 km yang akan dikerjakan oleh BUJT PT JAP. Sementara itu untuk pembangunan Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban dengan total sepanjang 22,94 km dikerjakan oleh Pemerintah.

“Jalan tol ini nantinya akan melewati 10 kecamatan dan 20 desa yang berada di Provinsi Jawa Barat yang dimulai dari Desa Sawangan, Kecamatan Cipendeuy, di Kabupaten Subang yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan berakhir di Desa Pusakaratu, Kecamatan Pusakanegara, serta terhubung dengan jalan nasional pantai utara (pantura) dan jalan akses non-tol menuju Pelabuhan Patimban, ” jelas Victor.

Dalam konsorsium JAP, Jasa Marga selaku pemegang saham mayoritas sebesar 55 persen, PT NRC 22 persen, ADHI 6 persen, WIKA 6 persen, PT PP 6 persen, dan PT Subang Sejahtera 5 persen.

Comments are closed.