Ki Manteb Soedarsono Masih Sempat Mendalang saat Jalani Isolasi Mandiri

Ki Manteb Soedarsono

KARANGANYAR-Dalang kulit ternama, Ki Manteb Soedarsono tutup usia, Jumat, (02/06). Dia ternyata masih sempat mendalang di saat-saat sakitnya.

Menurut keterangan Sekretaris Desa Doplang, Ade Irawan menyebut Ki Manteb pada pekan lalu sempat melakukan perjalanan ke Jakarta. “Dia di sana melakukan pentas,” katanya.

Kondisi kesehatannya yang menurun membuat keluarga lantas mengajaknya pulang ke Karanganyar.

Sesampainya di rumah, Ki Manteb melakukan tes swab antigen. Hasilnya menunjukkan bahwa dia positif COVID-19. Dia lantas melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Di sela-sela isolasi mandiri, Ki Manteb tidak bisa meninggalkan aktivitasnya sebagai dalang. Dia masih melakukan pementasan virtual.

“Mungkin karena capek sehingga kondisinya mulai drop,” kata Ade yang juga merupakan keponakan Ki Manteb. Keluarga lantas memanggil dokter. Ki Manteb kemudian mendapat pertolongan menggunakan infus dan tabung oksigen.

Meski demikian, kondisinya ternyata terus menurun. Keluarga berencana untuk membawanya ke rumah sakit. “Namun sudah terlanjur meninggal,” katanya.

Rencananya, Ki Manteb akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di desa tersebut. Pemakaman akan dilakukan sesuai protokol COVID-19.

(Fernando Fitusia)

Comments are closed.