Khabib Kenang Kepergian Ayah: Semua Akan Kembali ke Allah

Ayah Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap Nurmagomedov. Foto: Instagram/@khabibnurmagomedov

Khabib Nurmagomedov dikenal publik berkat pernah menyandang status juara kelas ringan UFC dan petarung MMA tak terkalahkan. Ada peran krusial ayahnya, Abdulmanap, di balik kesuksesan itu. Khabib kembali mengenang hari kematiannya setahun lalu.

Khabib diajari ayahnya ilmu bela diri, terutama gulat, sejak dini. Pernah ada video viral Khabib cilik bergelut melawan anak beruang sambil diawasi sang ayah.

Masa demi masa berlalu, Khabib tumbuh menjadi seorang petarung MMA yang kemudian berlaga di UFC. Sang ayah senantiasa menemani The Eagle saat berduel hingga akhir hayatnya pada 3 Juli 2020.

Khabib tak lupa dengan salah satu hari tersedih dalam hidupnya itu. Pada Sabtu (3/7) lalu, sosok asal Dagestan itu membuat unggahan di Instagram berisi mendiang ayahnya bersama kuda-kuda plus caption yang mengharukan.

“Hari ini sudah setahun sejak ayah tidak bersama kami. Peristiwa ini meningkatkan keyakinan saya bahwa tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang menjadi milik kita, baik anak-anak kita, maupun orang tua kita, atau harta milik kita. Semua yang kita miliki hanyalah sementara,” tulis Khabib.

“Semuanya milik Allah semata dan kepada-Nya-lah kita kembali, ikatlah hatimu kepada Allah, tinggallah lebih lagi bersama-Nya, karena akan tiba saatnya dan kita semua akan dimasukkan ke dalam kubur, di mana kita akan sendiri, di mana teman-teman kita, kerabat, harta dan koneksi kita tidak akan, hanya perbuatan dan amal kita,” tandasnya.

Abdulmanap Nurmagomedov wafat karena komplikasi COVID-19. Kematian sang ayah memicu Khabib untuk pensiun dari MMA karena sang ibu tidak mau melihat anaknya itu berduel tanpa didampingi mendiang suaminya.

Duel profesional Khabib berlangsung pada 24 Oktober 2020 di UFC 254. Setelah mengalahkan Justin Gaethje dalam dua ronde, ia mengumumkan niat pensiunnya. Dari sejak itu sampai sekarang, ia beberapa kali digoda untuk berduel lagi, tetapi tak pernah terjadi.

***

Comments are closed.