Keratif Saat Pandemi, Musisi Indie di Bali Luncurkan Poyek Kolaborasi

Ardy Bolank, inisiator kolborasi musisi independen Bali – IST

DENPASAR – Sejumlah musisi skena musik independen di Bali berkolaborasi dalam projek ‘Panca’. Projek itu diinisiasi gitaris Soul and Kith, dan Morelia.

Kehadiran Panca, ungkap Ardy merupakan bentuk simbolis dari kerinduan seorang musisi dalam berkarya dan berimajinasi dengan segala keterbatasan waktu dan ruang gerak di era pandemi COVID-19 saat ini.

“Project Panca ini hadir dengan dukungan penuh dari teman-teman musisi dan juga studio rekaman serta pihak industri musik Indie Bali yang sudah terlibat di projek ini,” katanya, Rabu (07/07/21).

Ardy menggandeng lima vokalis untuk menyanyikan lima lagu berbeda. Pertama kita akan dibuai dengan suara syahdu Zend Ahmad pada lagu ‘Terlalu Indah’, alunan nada indah dari Metallesa pada lagu ‘Selamat Tidur’, suara khas Wayan Jos pada lagu ‘Pengulangan’ dan juga Izzy pada lagu ‘Semoga Tak Terjadi’.

Personil yang erlibat dalam kolaborasi- IST

Serta tak ketinggalan sebagai single penutup persembahan dari penulis lagu ternama, Dewiq pada lagu ‘Mati Rasa’. Ke lima lagu itu, diiringi dengan permainan gitar akustik dan sound ambiance gitar elektrik sederhana ala Ardy Bolank.

Ia mengungkap, nuansa musik yang berbeda satu dengan yang lainnya, sejatinya menjadi tantangan tersendiri. “Keterlibatan lima vokalis dengan genre musik yang berbeda–beda ini bukan tanpa alasan. Chemistry yang tercipta secara instant, ibarat orang jatuh hati pada pandangan pertama lah,” ucapnya.

Seluruh single project ini direkam di studio Rekaman – Jos Music Lab studio milik Wayan Jos, sedangkan untuk proses mixing serta mastering dikerjakan di Aminor Studio milik Eldin Budi Prabowo, kecuali lagu terlalu indah yang direkam di Nine Room Studio dan proses mixing

Sementara itu proses mastering dikerjakan oleh Arif Hadianto. Tak ketinggalan juga dukungan dari Antida Music Productions sebagai Music Digital Distribution. Kelima lagu itu sebentar lagi dapat dinikmati lewat berbagai platform musik digital. “Dengan dirilisnya single terakhir “Mati Rasa (feat.DewiQ) pada tanggal 25/07/2021 bulan ini, maka lengkap sudah,” ucapnya. (Kanalbali/WIB)

Comments are closed.