Kata Ahli, Hindari Minuman Kopi Jenis Ini Saat Musim Panas

Ilustrasi frappuccino. Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan

Cuaca panas dan segelas minuman kopi dingin menyegarkan memang pasangan serasi. Rasanya, menenggak minuman dingin ketika cuaca sedang terik, membuat dahaga kita hilang begitu saja. Kebanyakan orang memilih soda dingin, namun tak jarang juga yang memilih es kopi.

Aneka varian minuman berkafein ini memang seringkali menggugah selera. Laiknya cafe latte, frappuccino, bahkan es americano sekalipun. Tapi, tahukah kamu? Kalau ada satu varian kopi yang perlu dihindari demi menjaga kesehatan tubuh kala musim panas tiba.

Nah, bagi kebanyakan orang memilih frappuccino memang jadi andalan mereka. Rasanya manis, aroma kopi nan harum, dan belum lagi topping yang sangat creamy. Kendati demikian, para ahli setuju bahwa minuman satu ini sepatutnya tak kamu konsumsi.

Salah satu contohnya seperti varian minuman kopi dengan banyak tambahan bahan seperti jenis frappuccino. Menurut Toby Amidor, MS, RD, CDN, ahli nutrisi dan anggota dewan ahli medis, menjelaskan bila kandungan minuman berjenis frappuccino dapat memberi dampak buruk terhadap kesehatan.

Ilustrasi kopi susu Foto: Shutterstock

“Varian satu ini mengandung jumlah kalorinya yang sangat besar. Sekitar 500 kalori dalam segelasnya. Menggunakan susu murni serta kandungan lainnya sudah mengandung 12 gram lemak jenuh. Lemak ini mampu menyumbat arteri. Terlebih mengonsumsinya sudah menghabiskan 60 persen jatah kalori per hari,” terang Amidor, dikutip dari Eat This.

Mengingat kebutuhan kalori per hari normalnya, adalah 2.000 kal untuk orang dewasa. Jadi, ketika menyantap minuman manis nan dingin satu ini, sudah mengambil seperempat kalori kebutuhan. Padahal itu hanya segelas minuman, sedangkan tubuh membutuhkan asupan utama lain dari makan siang dan makan malam.

“Apalagi, frappuccino tersebut juga mengandung 76 gram. Gula diperoleh dari susu juga campuran bahan manis lainnya. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari saja minuman itu. Bila sangat menginginkan kopi. Pilihlah kopi hitam dingin, tanpa zat atau bahan aditif lainnya,” lanjut Amidor.

Ilustrasi kopi cold-brew Foto: dok.shutterstock

Sementara itu, konsumsi gula berlebihan juga memengaruhi kesehatan jantung, lho. Association Heart Academy menyatakan bahwa ada batasan asupan gula yang perlu diperhatikan. Misal laki-laki hanya boleh mendapat 36 gram kebutuhan gula per hari. Sedangkan perempuan, sebaiknya tidak lebih dari 25 gram asupan gula dalam sehari.

Nah, jika kedapatan menenggak frappuccino manis dengan tambahan topping yang tinggi gula; maka, bukan tak mungkin tubuh mendapat asupan gula berlebih yang justru membahayakan kesehatan. Hmm, dari kalian apakah masih ada yang sering konsumsi minuman manis seperti ini? Lebih baik dikurangi, ya supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Reporter: Balqis Tsabita Azkiya

Comments are closed.