Kasus Virus Corona di Bantul, dari Desa hingga Ponpes

Ilustrasi virus corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan

Sebanyak 70 warga di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul dinyatakan positif corona. Sebelumnya 95 warga di desa tersebut menjalani swab PCR usai ada salah seorang warga yang bergejala batuk hingga demam ketika persiapan hajatan.

Lurah Srigading Prabawa Suganda mengatakan, bahwa mayoritas warga yang ikut swab berasal dari Pedukuhan Ngunan-Ngunan. Ketika ada satu warga yang bergejala hingga kehilangan indra penciuman langsung dilakukan PCR massal sebagai langkah antisipasi.

“Swab massal kemarin itu dari 95, ada 70 orang yang hasilnya positif,” ujarnya dikonfirmasi wartawan, Senin (28/6).

Pada hari ini juga ada 20 orang lagi yang menjalani swab. Sementara warga yang positif ini menjalani isolasi mandiri.

“Kami lakukan pengawasan ketat kepada meraka. Selain itu kami tengah berusaha mendirikan shelter tambahan,” ujarnya.

Sementara itu, di Ponpes Nurul Iman, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul kasus konfirmasi corona bertambah 86 kasus. Jika ditotal dengan 55 kasus sebelumnya 141 orang telah terpapar corona.

Satgas percepatan penanganan COVID-19 tinjau pondok pesantren Foto: Dok. Humas Kabupaten Temanggung

“100 santri yang diswab PCR Rabu. hasilnya 86 santri positif, 14 santri lainnya negatif. Saat ini jumlah santri yang terkonfirmasi positif sejumlah 141 santri,” kata Dukuh Bibis, Desa Timbulharjo, Muhammad Irvan.

Saat ini kondisi para santri membaik dan tengah menjalani isolasi di lingkungan ponpes tersebut. Beberapa santri diakui masih batuk-batuk dan anosmia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 55 santri di Ponpes Nurul Iman, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten bantul terpapar corona. Mereka kemudian menjalani isolasi di kawasan ponpes.

Dukuh Bibis, Timbulharjo Muhammad Irvan menerangkan bahwa sebelumnya 6 santri telah terpapar corona dan hari ini keluar hasil positif 49 santri lainnya. Sehingga total orang yang positif mencapai 55.

“Ada 49 yang positif (corona) hari ini, itu merupakan hasil swab Senin lalu,” kata Irvan dihubungi wartawan, Kamis (24/6).

Lanjutnya, saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil swab 100 santri lainnya. Mereka sebelumnya menjalani swab PCR pada Rabu (23/6) lalu.

“Kami menunggu hasil 100 santri yang PCR hari Rabu kemarin,” ujarnya

Comments are closed.