Kasus Harian Corona di Afrika Selatan Capai Rekor Tertinggi di Tengah Pengetatan

Sejumlah pelajar di Afrika Selatan kembali ke sekolah untuk pertama kali setelah lockdown akibat virus corona di Cape Town, Senin (8/6). Foto: Reuters/Mike Hutchings

Afrika Selatan mencatat rekor tertinggi penghitungan kasus harian corona pada Jumat (2/7). Tercatat ada penambahan sebanyak 24.270 kasus di negara paling parah terkena virus corona di Afrika ini.

Rekor penambahan sebelumnya terjadi pada Januari lalu, sebanyak 21.980 kasus. Kini, total kasus infeksi corona di Afrika Selatan mencapai 2.019.826.

Sementara, jumlah kematian di Afrika Selatan mencapai 61.332 korban jiwa, setelah bertambah 303 kematian pada Jumat.

“Kami memang di mata badai gelombang ketiga COVID-19 seperti yang kita lihat selama 14 hari terakhir, kita telah melampaui tingkat infeksi harian” ujar Deputi Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Joe Phaahla, dikutip dari AFP, Sabtu (3/7).

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. Foto: Jerome Delay/Pool via REUTERS

Afrika Selatan kini tengah menghadapi kondisi yang digambarkan Presiden Cyril Ramaphosa sebagai “kebangkitan infeksi besar-besaran” akibat varian Delta.

Pekan lalu dia memberlakukan kembali pengetatan dan pembatasan selama 14 hari. Otoritas melarang pesta alkohol, menutup sekolah dan restoran, serta melarang semua pertemuan kecuali untuk pemakaman dengan pembatasan 50 orang.

Sementara, upaya vaksinasi di negara itu berjalan lambat. Baru sekitar 3,2 juta orang divaksinasi sejak Februari dari total 59 juta penduduk.

Comments are closed.