Kasus COVID-19 di Sulawesi Utara Melonjak Lagi, Sehari Bertambah 216 Orang

Ilustrasi COVID-19. (foto: kumparan)

MANADO – Kasus COVID-19 di Sulawesi Utara, kembali melonjak. Kamis (8/7) hari ini, bertambah 216 orang yang positif corona. Jumlah kasus harian ini menjadi yang tertinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dalam rilis yang disampaikan malam ini, menyampaikan jika Kota Manado menjadi daerah dengan pertambahan kasus tertinggi yakni sebanyak 63 kasus. Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Bitung, jadi daerah dengan kasus tertinggi selanjutnya, masing-masing 36 kasus dan 34 kasus.

Adapun rincian kasus COVID-19 per Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara, Kamis (8/7) hari ini, adalah:

Kota Manado: 63 orang

Kota Bitung: 34 orang

Kota Tomohon: 26 orang

Kab Minahasa: 16 orang

Kab Minsel: 20 orang

Kab Minut: 36 orang

Kotamobagu: 9 orang

Kab Bolmong: 2 orang

Kab Boltim: 9 orang

Luar Wilayah: 1 orang

Total: 216 orang

Pengambilan sampel swab kepada warga yang terlibat pengambilan jenazah di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Juru bicara Satgas, dr Steaven Dandel, mengatakan jika hari ini, Sulawesi Utara mengalami lompatan kasus yang tajam, di mana rata-rata trend pertambahan kasus harian, kini sudah di atas 100 orang per hari.

“Penyebaran kasus juga makin merata di beberapa Kabupaten dan Kota. Kita tidak lagi berhadapan dengan klaster kasus, tetapi secara epidemiologi yang terjadi sekarang, adalah penularan di level komunitas,” kata Dandel, Kamis (8/7) malam ini.

“Ini berarti, kemanapun kita pergi dengan siapapun kita bertemu, maka kemungkinan keterpaparan terhadap virus SARS CoV-2 semakin tinggi,” ujarnya lagi.

Tingginya pertambahan kasus harian, juga berpengaruh pada jumlah kasus aktif yang kembali menembus angka lebih dari seribu orang, tepatnya per Kamis (8/7) hari ini, jumlah kasus aktif 1.038 orang. Sementara, untuk kasus meninggal ada 563 orang.

Secara total keseluruhan dari kasus pertama, warga yang terkonfirmasi positif corona di Sulawesi Utara berjumlah 17.117 orang, di mana 15.516 orang sudah dinyatakan sembuh.

manadobacirita

Comments are closed.