Kapan Bayi Paham dan Bisa Sebut Nama Orang Tua?

Kapan Bayi Bisa Berkata Mama dan Papa? Foto: Shutterstock

Memperhatikan perkembangan bayi dari hari ke hari memang sangat menyenangkan. Dari saat si kecil bisa berguling, duduk hingga mulai bicara! Berbagai tahapan tumbuh kembang bayi ini biasanya juga ditunggu-tunggu oleh orang tua.

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu? Saat si kecil paham dan bisa memanggil orang tuanya. Wah, pasti istimewa!

Namun ingat, Moms, setiap bayi berbeda. Meski usianya sama, bisa saja ada bayi sudah bisa memanggil orang tuanya dan ada yang perlu waktu lebih lama.

Tapi umumnya, di usia berapa rata-rata bayi bisa menyebut dan memanggil orang tuanya?

Kapan Bayi Bisa Panggil Orang Tuanya

Kapan Bayi Bisa Berkata Mama dan Papa? Foto: Shutterstock

Mengutip Parents, saat bayi berusia 6 bulan, bayi sudah bisa mengoceh dengan suku tunggal, misalnya papapapa, dadadada, babababa, dan mamamama. Kemudian memasuki usia 9-12 bulan, bayi seharusnya sudah dapat mengucapkan “mama” dan “papa” dengan arti. Artinya, bayi paham “mama” berarti ibunya dan “papa” adalah ayahnya.

Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua bayi menggapai tonggak perkembangan yang sama. Bahkan menurut Prof. DR. dr. Soedjatmiko, SpA (K), Msi, Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak dan Magister Sains Psikologi Perkembangan, bayi bisa berkata “mama” dan “papa” di usia 11-13 bulan dan jadi lebih fasih saat memasuki usia 12-18 bulan.

Selain itu, ingat Moms, panggilan yang dipilih orang tua juga berbeda-beda. Selain “Mama” dan “Papa”, kita juga kerap menemui panggilan “Ayah”, “Ibu”, “Umi”, “Abi” atau “Bunda” dan panggilan-panggilan lainnya. Hal ini bisa jadi berpengaruh juga.

Jadi lebih baik, perhatikan apakah perkembangan bicara dan bahasa si kecil sudah sesuai dengan usianya.

Perkembangan Bicara dan Bahasa Bayi Sesuai Usia

Perkembangan Bicara dan Bahasa Bayi Sesuai Usia Foto: Shutterstock

Berikut perkembangan bicara dan bahasa bayi yang patut Anda perhatikan, seperti dikutip dari buku dr. Soedjatmiko, Cara Praktis Membentuk Anak Sehat, Tumbuh Kembang Optimal, Kreatif dan Cerdas Multipel:

Sekitar umur 7 – 8 bulan bayi mulai bisa bersuara satu suku kata. Misalnya: ma atau pa atau ta atau da.

Sekitar umur 8 – 10 bulan bisa bersuara bersambung. Misalnya: ma-ma-ma-ma, pa-pa-pa-pa, da-da-da-da, ta-ta-ta-ta.

Sekitar umur 11-13 bulan mulai bisa memanggil. Misalnya: mama, papa!

Sekitar umur 13 – 15 bulan mulai bisa mengucapkan 1 kata. Misal: mimik, minum, pipis.

Sekitar umur 15 – 17 bulan mulai bisa mengucap 2 kata.

Sekitar umur 16 – 18 bulan mulai bisa mengucapkan 3 kata.

Tips Ajari Bayi Memanggil Orang Tuanya

Ilustrasi bayi mendengarkan dongeng sebelum tidur. Foto: Shutter Stock

Mengutip Mom Junction, ada beberapa kegiatan yang dapat membantu melatih kemampuan bahasa dan komunikasi bayi, sehingga mendorong mereka bisa memahami dan memanggil orang tuanya. Apa saja?

1. Ajarkan nama benda dan orang dengan menunjuk suatu benda dan menamainya. Saat bermain dengan bayi, tunjuk mainan dan sebutkan namanya apa. Saat hewan peliharaan Anda lewat, jangan lupa sebutkan namanya juga.

2. Duduk lah bersama bayi dan bacakan buku dengan kerasa. Jangan lupa untuk menunjuk ke berbagai gambar dan berikan nama. “Ini kucing, ini bunga.”

3. Ajak bayi ngobrol! Meski belum bisa bicara, bayi sudah bisa merespons suara sejak mereka berusia 6 bulan, bahkan sudah bisa menanggapi namanya.

4. Sering-seringlah bernyanyi untuk si kecil. Ini juga dapat melatih keterampilan bahasa mereka.

5. Buatlah album dengan foto Anda dan suami. Lalu perlihatkan pada bayi dan ucapkan, “Ini Ayah, ini Ibu,” sambil menunjuk ke foto. Semoga si kecil cepat memahaminya.

Comments are closed.