Kapan Bayi Dapat Melihat dengan Jelas?

Ilustrasi bayi perempuan. Foto: Shutter Stock

Saat baru lahir, jarak penglihatan bayi hanya mencapai 23 cm. Jadi, jangan khawatir jika mata bayi baru lahir belum bisa fokus pada satu objek, Moms. Sebab, keterampilan melihatnya baru akan berkembang seiring bertambahnya usia.

Di minggu-minggu pertama kehidupannya, penglihatan bayi masih kabur. Di usia ini, si kecil baru bisa melihat nuansa abu-abu, belum bisa melihat warna dengan jelas. Kemudian, menjelang dua bulan, bayi biasanya sudah mulai bisa melihat warna.

Lantas, kapan sebenarnya bayi dapat melihat dengan jelas? Berikut penjelasan lengkapnya, Moms.

Penjelasan soal Kapan Bayi Dapat Melihat dengan Jelas

Ilustrasi bayi 6 bulan. Foto: Shutter Stock

Bayi memiliki penglihatan seperti orang dewasa saat berusia 10 bulan, Moms. Kemudian akan melihat dengan cukup jelas saat ia berusia 12 bulan. Tetapi, penglihatannya baru bisa berkembang dengan sempurna saat memasuki usia 3 sampai 5 tahun.

Mengutip Baby Center, penglihatan bayi meningkat secara dramatis selama tahun pertama. Saat baru lahir, bayi sudah dapat mendeteksi cahaya dan gerakan, juga dapat melihat wajah dan objek yang besar. Pada akhir bulan pertama, bayi dapat melakukan kontak mata dan fokus pada objek yang berjarak sekitar 30 cm.

Memasuki usia 3 hingga 4 bulan, bayi sudah dapat membedakan warna dan fokus pada objek yang lebih kecil. Di usia ini juga persepsi kedalamannya meningkat, sehingga bayi bisa fokus pada objek yang jaraknya satu meter dan dapat melihat aktivitas di sekitarnya.

“Berdasarkan studi khusus yang mengamati preferensi bayi dalam menanggapi berbagai rangsangan warna, diyakini bahwa bayi dapat membedakan warna sejak usia tiga hingga empat bulan,” kata dokter Dokter Spesialis Kesehatan Mata Anak, Charline S. Boente, MD, MS, yang praktik di Riley Children’s Health, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Today.

Jadi, jika Anda memindahkan mainan beberapa sentimeter di depan wajahnya, bayi akan mengikutinya dengan matanya. Untuk itu, orang tua perlu mendorong anak sejak masih bayi menggunakan penglihatan mereka. Caranya?

American Academy of Pediatrics merekomendasikan aktivitas seperti berjalan-jalan dan menunjukkan benda asing, bersenang-senang meniru ekspresi wajah bayi Anda atau melihat-lihat buku bersama yang dapat mendorong interaksi.

Comments are closed.