Kapal Imigran Tenggelam di Perairan Puerto Rico, 11 Orang Tewas

Kapal penyelamat Tim SAR Amerika Serikat tiba di lokasi sebuah kapal migran terbalik di utara Pulau Desecheo, Puerto Rico Kamis (12/5/2022). Foto: United States Coast Guard/Handout via REUTERS

Sebuah kapal dilaporkan tenggelam di lepas pantai Puerto Rico, Kamis (12/5/2022). Sedikitnya 11 orang tewas dalam kecelakaan nahas tersebut dan 31 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Penjaga Pantai AS dalam sebuah pernyataan mengatakan, kapal yang dicurigai berlayar secara ilegal itu terbalik sebelum Kamis tengah hari waktu setempat. Kapal disebut mengangkut para migran.

Sebuah pesawat Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS melihat saat kapal mulai terbalik dan tenggelam. Tak berselang lama, puluhan orang tampak terombang-ambing di perairan sebelah utara Pulau Desecheo itu.

Helikopter Tim SAR Amerika Serikat tiba di lokasi sebuah kapal migran terbalik di utara Pulau Desecheo, Puerto Rico Kamis (12/5/2022). Foto: United States Coast Guard/Handout via REUTERS

Perairan tersebut merupakan tempat perlindungan bagi satwa liar di lepas pantai barat Puerto Rico.

Penjaga pantai segera meluncurkan sejumlah helikopter dari Pangkalan Udara Borinquen. Mereka menunjuk penjaga Joseph Tezanos memimpin operasi penyelamatan.

Menurut ABC News, saat kecelakaan terjadi, tak satu pun dari penumpang terlihat mengenakan jaket pelampung. Jumlah penumpang yang berada di atas kapal sebelum tenggelam juga tidak pasti.

Kapal penyelamat Tim SAR Amerika Serikat tiba di lokasi sebuah kapal migran terbalik di utara Pulau Desecheo, Puerto Rico Kamis (12/5/2022). Foto: United States Coast Guard/Handout via REUTERS

“Kami masih belum tahu berapa banyak orang yang berada di kapal ketika terbalik,” kata juru bicara Penjaga Pantai AS Ricardo Castrodad, menekankan bahwa operasi penyelamatan skala besar sedang berlangsung.

Penjaga Pantai, Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan akan menyelidiki peristiwa itu bersama dengan unit laut dari Departemen Kepolisian Puerto Rico.

Pulau Desecheo terletak di Mona Passage. Selat yang dikenal berbahaya itu memisahkan pulau Hispaniola dengan Puerto Rico.

Penulis: Sekar Ayu.

Comments are closed.