Kantor Pos Tutup Jam Berapa? Ini Jadwal Operasionalnya

Ilustrasi Kantor Pos Tutup Jam Berapa. Foto: Dokumentasi Pos Indonesia

Jam operasional kerap kali ditanyakan hingga saat ini bagi masyarakat yang ingin mengirimkan paket atau barang menggunakan layanan ekspedisi kantor Pos. Lantas, Kantor Pos tutup jam berapa, ya? Bila ingin mengetahui jadwalnya, simak artikel berikut.

Berdiri sejak tahun 1746, hingga detik ini, saham PT Pos Indonesia sepenuhnya masih dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Pada tanggal 20 Juni 1995, PT Pos berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ekspedisi layanan pos.

Kegiatan PT Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pengiriman kurir dan pos seperti di zaman dahulu, tetapi juga jasa ritel, keuangan, asuransi, bahkan properti, yang didukung oleh lebih dari 4.000 Kantor Pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar luas di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jam Operasional Buka dan Tutup Kantor Pos

Sejak Juni 2021, kantor Pos beroperasi setiap hari dari Senin sampai Minggu selama 24 jam tanpa libur. Informasi tersebut sebagaimana yang terdapat di situs resmi Pos Indonesia, layanan Kantor Pos tetap beroperasi normal pada hari Sabtu dan Minggu. Namun, perlu diketahui bahwa buka atau tidaknya jasa pengiriman kurir yang satu ini tergantung oleh kebijakan lokasi cabang masing-masing.

Cabang-cabang pusat di kota-kota besar biasanya beroperasi selama 24 jam, sedangkan cabang-cabang lainnya memiliki jam operasional yang beragam.

Jam buka Kantor Pos berbeda-beda, akan tetapi Kantor Pos mulai beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 08.00. Sedangkan jam tutupnya sangat bervariasi mulai dari sore hari, malam hari, bahkan tetap buka selama 24 jam non stop.

Berikut ini akan disajikan jadwal operasional kantor cabang di beberapa daerah baik kantor cabang kecil seperti agen maupun kantor cabang besar hingga kantor pusat.

Senin-Kamis: 07.30-15.00

Jumat: 07.30-11.30 (beberapa buka kembali pukul 13:00-15:00)

Sabtu: 07.30-13.00

Minggu: Jam operasional tergantung lokasi cabang.

Sedangkan cabang-cabang yang lebih besar memiliki cabang operasional sebagai berikut:

Senin-Kamis: 07.00-22.00

Jumat-Sabtu: 07.00-19.00

Minggu dan Hari Libur: Jam operasional tergantung kebijakan lokasi cabang, umumnya tutup pada pukul 13.00

Perlu diingat, jadwal jam tutup kantor pos berbeda-beda. Apalagi pada hari Minggu dan hari libur nasional, hanya beberapa Kantor Pos yang tetap melayani pengunjung.

Apabila kamu telah mendatangi Kantor Pos terdekat akan tetapi kenyataan di lapangan sudah tutup, jam bisa pergi ke cabang pusat dengan jam operasional yang lebih lama.

Ilustrasi Jadwal Operasional Kantor Pos. Foto: Dokumentasi Pos Indonesia

Produk Layanan Ekspedisi Pos Indonesia

Layanan premium pengiriman paket dengan fitur layanan pick up dan langsung diantar sehingga akan sampai maksimal hanya 3 jam saja apabila kiriman di Kota yang sama (city courier).

Pengiriman dan penerimaan paket dilakukan di hari yang sama maksimal 9 jam sampai (sameday service) jika kiriman di Kota yang sama (city courier). Dengan berat maksimal paket sebesar 10 kg.

Layanan pengiriman paket besok sampai (next day) dengan wilayah pengiriman antar provinsi. Berat maksimal paket sebesar 30 kg. Memiliki fitur free pick up paket, COD (Cash On Delivery), bisa dilacak, dan memiliki asuransi pengiriman.

Layanan reguler pengiriman paket nasional dengan durasi pengiriman 2-4 hari dengan wilayah pengiriman antar Kabupaten atau Kota. Berat maksimal paket sebesar 50 kg. Memiliki fitur free pick up paket, COD (Cash On Delivery), bisa dilacak, dan memiliki asuransi pengiriman.

(SRS)

Comments are closed.