Kantor Pos di Kulon Progo Dibobol Maling

Polisi menunjukkan bagian pintu di Kantor Pos Panjatan, Kulon Progo, yang dirusak maling. Foto: istimewa

Kantor Pos Panjatan, Kulon Progo coba dibobol oleh orang tak dikenal. Beruntung tidak ada barang yang hilang dalam percobaan pencurian yang terjadi di kantor pos yang berada Jalan Mekar Rukmi, Pedukuhan II, Rt 05/03 Kalurahan Gotakan Kapanewon Panjatan, Kulon Progo ini.

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, menuturkan peristiwa tersebut pertama kali diketahui, hari Jumat (13/5/2022) sekira pukul 07.00 WIB. Aksi tersebut pertama kali diketahui oleh salah seorang karyawan kantor pos tersebut.

Jumat pagi salah seorang karyawan BUMN tersebut bermaksud masuk ke kantor melalui pintu utara. Setelah itu karyawan tersebut masuk ke ruang pelayanan menemukan pintu belakang dalam keadaan terbuka.

“Kemudian ia mendekati ke arah pintu dan melihat ada bekas congkelan,” terangnya.

Setelah itu, karyawan tersebut memeriksa seluruh ruangan. Ia mendapati eternit / langit-langit dalam posisi jebol. Karyawan tersebut kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polsek panjatan.

Usai mendapatkan laporan, pihaknya langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Beberapa fakta yang ditemukan di TKP di antaranya pelaku diduga masuk dengan melompati tembok, kemudian masuk ke dalam melalui gudang yang tidak terkunci.

“Pelaku kemudian menjebol eternit dan masuk ruang Kantor pos melalui atap untuk masuk ke ruangan,” paparnya.

Setelah itu, pelaku merusak gembok ruang brankas dan bok CCTV, setelah masuk pelaku merusak brankas dengan cara digerinda dan Box CCTV. Setelah berhasil membuka brankas, pelaku mengacak-acak isi brankas yang berisi uang receh Rp 500 ribu, materai dan perangko.

Menurutnya, pelaku tidak mengambil barang-barang yang berada di dalam brankas. Pasalnya isi brankas tercecer di dekat brankas dalam keadaan utuh dan setelah diteliti memang tidak ada barang yang hilang.

“Mata gerinda yang digunakan pelaku untuk membuka brankas masih tertinggal di TKP,” tambahnya.

Jeffry meneruskan, pelaku keluar melalui pintu samping Kantor dan kembali melompat pagar dengan bantuan kursi kayu. Atas peristiwa tersebut korban mengalami kerugian rusaknya eternit, brankas dan box CCTV sekitar Rp 6 juta.

Dari TKP, polisi mengamankan brangkas, Kaos tangan, potongan brankas, mata grenda, Serpihan eternit, Potongan lakban bening, Scrap atau alat susruk dan juga potongan kunci gembok.

Tonton video menarik dari Tugu Jogja berikut ini:

Comments are closed.