Kabupaten Muba Dorong Investasi Hijau

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin. (foto: istimewa)

Pemkab Musi Banyuasin (Muba) komitmen membangun daerah secara berkelanjutan. Hal itu pun telah dituangkan dalam peraturan daerah (Perda).

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan implementasi pembangunan berkelanjutan tak hanya dimasukkan dalam visi misi Kabupaten Muba. Namun juga dalam Perda Muba Hijau.

Hal itu disampaikannya dalam Musi Banyuasin environment webinar forum 2021 bertema “mendorong investasi hijau berbasis sumber daya alam, komoditas unggulan dan daya dukung lingkungan untuk daya saing dan memajukan daerah secara virtual.

“Perda ini menjadi acuan regulasi pembangunan di Muba yang berwawasan lingkungan berkelanjutan,” katanya, Senin (28/6).

Sebagai pilot project peremajaan kelapa sawit hingga pengelolaan menjadi bensin sawit di Indonesia, potensi ekonomi komoditas sawit di Muba telah memenuhi standar keberlanjutan komoditas dan menyesuaikan standarnya untuk mendorong investasi hijau.

“Begitu juga dengan komoditas karet melalui inisiasi aspal karet untuk peningkatan jalan baik ruas nasional, provinsi, dan Kabupaten Muba,” katanya.

Plt Irjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Wijayanti, mengatakan kunci akselerasi untuk suistanable (keberlanjutan) ialah, kapasitas untuk tumbuh dan membangun tergantung bagaimana mengelola modal yakni SDA yang tidak menyusut. Artinya bisa dijaga dan tidak berkurang jumlahnya.

“SDA dan lingkungan hidup adalah modal, maka harus dijaga sehingga terus tumbuh. Artinya investasi hijau disini bagaimana untuk menahan tidak terjadi kerusakan, bahkan produksinya bisa dilipatgandakan,” katanya.

Comments are closed.