Kabar Corona Dunia: Lonjakan Kasus Akibat Varian Delta di Tiga Negara

Pejalan kaki mengenakan masker saat berjalan melalui bagian Kings Cross di pusat kota selama lockdown di Sydney, Australia, 28 Juni 2021. REUTERS/Loren Elliott Foto: Loren Elliott/REUTERS

Penyebaran COVID-19 di dunia makin mengkhawatirkan. Berbagai negara kini berhadapan dengan gelombang baru virus corona.

Lonjakan kasus di berbagai negara disebabkan menyebarnya varian Delta. Varian corona yang lahir di India tersebut lebih menular dan mematikan.

Beberapa negara yang menghadapi lonjakan kasus corona akibat varian Delta tersebar di berbagai Benua.

Kumparan merangkum sejumlah negara yang berhadapan dengan lonjakan akibat varian Delta dalam kabar corona dunia:

1. Afsel

Sejumlah pelajar di Afrika Selatan menjaga jarak saat kembali ke sekolah untuk pertama kali setelah lockdown akibat virus corona di Cape Town, Senin (8/6). Foto: Reuters/Mike Hutchings

Afrika Selatan mencatat rekor tertinggi penghitungan kasus harian corona pada Jumat (2/7). Tercatat ada penambahan sebanyak 24.270 kasus di negara paling parah terkena virus corona di Afrika ini.

Rekor penambahan sebelumnya terjadi pada Januari lalu, sebanyak 21.980 kasus. Kini, total kasus infeksi corona di Afrika Selatan mencapai 2.019.826.

Afrika Selatan kini tengah menghadapi kondisi yang digambarkan Presiden Cyril Ramaphosa sebagai “kebangkitan infeksi besar-besaran” akibat varian Delta.

2. Australia

Warga berjalan di trotoar dekat Pantai Bondi yang ditutup di Sydney, Australia. Foto: REUTERS / Loren Elliott

Negara bagian Australia, New South Wales, mencatat rekor baru kasus harian COVID-19 selama tahun ini. Rekor baru ini tercatat ketika penduduk dari beberapa kota besar di negara itu dibebaskan dari lockdown pada Sabtu (3/7).

Perdana Menteri Negara Bagian Gladys Berejiklian melaporkan ada 35 kasus positif baru, di mana 29 kasus di antaranya berhubungan dengan kasus-kasus sebelumnya. Itu melampaui 31 kasus positif yang dilaporkan sehari sebelumnya. Dengan demikian, total kasus selama pandemi kini lebih dari 250.

Lockdown, pelacakan kontak cepat, dan aturan jarak sosial yang ketat telah membantu Australia menekan wabah. Namun penularan varian Delta yang lebih cepat mengkhawatirkan banyak pihak di tengah upaya vaksinasi nasional yang lambat.

3. Portugal

Suasana Kota Lisbon, Portugal usai Corona Melonjak. Foto: Pedro Nunes/REUTERS

Penularan COVID-19 di Portugal kembali melonjak. Sebagai upaya dalam menekan lonjakan kasus COVID-19, pemerintah setempat akan memberlakukan jam malam di sejumlah kota madya, salah satunya di Ibu Kota Lisbon.

Kasus harian di Portugal pada Kamis ini mencapai 2.449 kasus. Angka ini merupakan penambahan yang tertinggi sejak pertengahan Februari lalu.

Kasus infeksi yang baru sebagian besar dilaporkan terjadi pada orang-orang usia muda yang belum divaksinasi. Oleh karena itu, Pemerintah Portugal kini semakin mempercepat program vaksinasi mereka demi menekan laju penyebaran corona varian Delta.

Comments are closed.