Kabar Baik Corona: Positivity Rate Turun; Vaksinasi Dosis 1 Jakarta Capai 5 Juta

Seorang wanita mengenakan masker pelindung berjalan melewati mural yang mempromosikan kesadaran akan wabah penyakit coronavirus. Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

Masih ada kabar baik dari penanganan corona di Indonesia di tengah pandemi yang belum selesai. Mulai dari capaian vaksinasi di Jakarta hingga angka positivity rate yang menurun.

kumparan merangkum sejumlah kabar baik dari tersebut. Berikut rangkumannya:

Kejar Target Vaksinasi COVID di Jakarta, Anies Luncurkan Mobil Vaksin Keliling

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan Kajati DKI Jakarta, tinjau mobilitas warga di tiga titik di Jakarta,. Foto: PPID DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta meluncurkan mobil vaksin keliling untuk mempercepat vaksinasi. Mobil ini akan mendatangi lokasi warga yang tak bisa datang ke tempat vaksinasi yang telah disediakan.

Ada 16 mobil vaksin keliling yang disiapkan. Kendaraan itu merupakan hasil kolaborasi. Bukan hanya unit mobilnya, tapi juga tenaga vaksinator hasil kolaborasi.

“Ini adalah kolaborasi dari seluruh unsur, 3 dari Polda, 3 dari Kodam, 2 mobil dari Kemendikbud, 5 dari DKI, dan 3 dari PT Magenta Mediatama. Ini kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan tenaga-tenaganya juga merupakan tenaga relawan yang bersama-sama disumbangkan dari institusi-institusi ini,” ujar Anies, di kawasan Senen, Jakarta, Rabu (7/7).

Anies: Target 7,5 Juta Warga Divaksin Agustus Bisa Tercapai Lebih Awal

Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 ke pada warga saat vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

Demi menekan penularan, Pemprov DKI terus menggencarkan vaksinasi demi mencapai target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebanyak 7,5 juta warga pada akhir Agustus.

Anies optimistis target itu bisa tercapai sebelum akhir Agustus. Sebab saat ini ada 4,9 juta warga yang telah divaksin.

“Jadi kami yakin target yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus sebanyak 7,5 juta akan bisa tercapai lebih awal. Itu saja kita bersyukur,” ucapnya.

Pasokan Tabung Oksigen di Kota Bandung Aman

Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto: Humas Pemkot Bandung/HO/ANTARA

Wali Kota Bandung Oded M. Danial memastikan pasokan tabung oksigen untuk rumah sakit rujukan COVID-19 aman. Kepastian itu diperoleh setelah Oded mendatangi salah satu penyuplai gas yakni PT. Aneka Gas Industri.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan jajaran manajemen rumah sakit. Dipastikan, kebutuhan oksigen bisa terpenuhi.

“Ada empat penyuplai di Kota Bandung. Mereka saling melengkapi. Kalau di sini kurang, bisa dapat dari tempat lain,” kata dia melalui keterangannya, Rabu (7/7).

Anies: Mau Datangkan Mobil Vaksin Keliling Bisa Diajukan Lewat JAKI

Pepprov DKI Jakarta uji coba mobil vaksin keliling di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/7). Foto: PPID DKI Jakarta

Mobil vaksin keliling dapat melakukan vaksinasi untuk semua usia mulai dari 12 tahun. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa tidak ada kuota pada pelaksanaan vaksin keliling dan dapat diajukan melalui aplikasi JAKI.

“Tidak ada kuota. Karena sifatnya mobile. Maka ia mendatangi kampung-kampung. kompleks-kompleks, dan kalau mau mengajukan bisa kontak DKI lewat aplikasi JAKI nanti daerahnya bisa kita datangi,” ujar Anies saat kunjungannya ke Stasiun Senen, Rabu (7/7).

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Jakarta Capai 5 Juta Orang

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin corona AstraZeneca tahap pertama di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Total orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 di Jakarta mencapai 5 juta orang hari ini, Rabu (7/7). Capaian vaksinasi itu tercatat untuk suntikan dosis pertama.

Sementara capaian vaksinasi dosis kedua telah dilakukan kepada 1.943.092 orang.

“Untuk Vaksinasi Program, total dosis 1 saat ini sebanyak 5.072.833 orang (57,5%), dengan jumlah yang divaksin dosis 1 hari ini sebanyak 163.157 orang. Sedangkan total dosis 2 kini mencapai 1.943.092 orang (22%), dengan jumlah yang divaksin dosis 2 hari ini sebanyak 4.989 orang,” Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia, dikutip PPID, Rabu (7/7).

Positivity Rate Turun

Ilustrasi positif terkena virus corona.
Foto: Shutter Stock

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali untuk menurunkan angka penularan virus corona. Saat ini juru bicara Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan positivity rate di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan meskipun angkanya masih tinggi.

“Positivity rate Jawa-Bali juga masih tinggi yaitu 19,9 persen, walaupun positivity rate ini telah menurun dari hari sebelumnya sebesar 24,7 persen,” ujar Nadia dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/7).

Comments are closed.