Kabar Baik Corona: 10.886 Orang di Jakarta Sembuh; Suplai Oksigen Ditingkatkan

Ilustrasi virus corona. Foto: Maulana Saputra/kumparan

Meski pandemi belum selesai, kabar baik dari penanganan corona di Indonesia akan selalu ada. Seperti yang terjadi di Jakarta angka kesembuhan kembali mencetak rekor tertinggi.

Selain itu pemerintah juga akan meningkatkan suplai oksigen sebanyak 1.700 ton per hari.

Selain dua kabar itu, masih ada yang lainnya. Berikut kumparan rangkum:

10.886 Orang di Jakarta Sembuh dari Corona Hari Ini

Ilustrasi Bendung Corona Foto: Indra Fauzi/kumparan

Pada, 8 Juli 2021, Jakarta mencatatkan rekor kembali angka kesembuhan tertinggi selama pandemi corona. Dalam sehari ada 10.886 orang yang sembuh.

Dikutip dari data di situs corona resmi DKI Jakarta corona.jakarta.go.id kasus sembuh harian kembali meningkat setelah terakhir pada 5 Juli kasus sembuh harian mencapai 6.607 orang.

Dengan penambahan tertinggi ini, sudah 512.085 warga yang sembuh dari corona.

Suplai Oksigen Akan Meningkat hingga 1.700 Ton per Hari pada 20 Juli

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan tabung oksigen gratis di Oxygen Rescue Monas untuk rumah sakit. Foto: Willy Kurniawan/Reuters

Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan memberi tugas khusus kepada Kemenperin untuk pemenuhan suplai oksigen. Diperkirakan pasokan oksigen yang dibutuhkan akan bertambah hingga 1.700 ton per hari pada 20 Juli mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan itu akan disiapkan 4.700 konsentrator oksigen.

“Suplai oksigen yang dibutuhkan diperkirakan akan terus meningkat sampai dengan sekitar 1.700 ton oksigen per hari di tanggal 20 Juli 2021 dan akan dibutuhkan sekitar 4.700 konsentrator oksigen untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar jubir Kominfo Dedy Permadi saat konferensi pers update harian PPKM Darurat, Kamis (8/7).

“Koordinator PPKM Darurat Menko Marves telah meminta Kemenperin untuk segera merealisasikan ketersediaan oksigen dan menemukan solusi terbaik bagi permasalahan oksigen, ISO tank, dan tabung oksigen. Sehingga dengan demikian semua bisa berjalan dengan lancar pada hari Minggu, 11 juli 2021,” lanjutnya.

Kemenkes Sudah Bayar Rp 17,1 Triliun ke Rumah Sakit COVID-19

Direktur RS Persahabatan dr Rita Rogayah, saat ditemui di Rumah Sakit Persahabatan. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Rita Rogayah mengatakan hingga saat ini instansinya sudah membayar sebanyak Rp 17,1 triliun ke rumah sakit yang melayani pasien COVID-19.

“Jadi sampai saat ini kita sudah melakukan pembayaran sebesar Rp 17.183.658.176.432 untuk pelayanan COVID di tahun 2021. Jadi untuk 2021 kita sudah melakukan pembayaran sekitar Rp 17,1 T,” kata Rita, Kamis (8/7).

Rita menjelaskan jumlah tersebut untuk layanan yang diberikan pada 2020 dan 2021. Pembayaran di tahun 2020 baru diberikan lantaran rumah sakit baru menyerahkan jumlahnya pada 2021.

Anies Cek Armada Vaksinasi Keliling: Vaksinasi Capai 5 Juta, Kita Genjot Lagi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) berdialog dengan tenaga kesehatan dari TNI saat peluncuran mobil vaksin COVID-19 di kompleks Balai Kota, Jakarta, Kamis (8/7). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

Gubernur Anies Baswedan melakukan inspeksi mobil vaksinasi keliling di halaman Balai Kota Jakarta, Kamis (8/7). Tak kurang dari 16 mobil vaksinasi keliling siap melayani.

Dalam inspeksinya, Anies menyampaikan terima kasih serta memberikan kabar baik kalau DKI sudah melakukan vaksinasi sebanyak 5 juta dosis. Jumlah tersebut akan terus digenjot untuk mencapai target 7,5 juta orang di bulan Agustus nanti dengan menyiapkan mobil vaksin keliling.

“Kita genjot terus dan salah satunya adalah dengan aktivitas vaksinasi keliling yang sudah disiapkan kendaraannya di sini,” ucap Anies di Balai Kota, Kamis (8/7).

Comments are closed.