Juergen Klopp Ungkap Cedera Mohamed Salah & Van Dijk, Ada Potensi Absen

Pemain Liverpool Mohamed Salah bersama manajer Juergen Klopp setelah diganti saat hadapi Chelsea di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (14/5/2022). Foto: Hannah McKay/REUTERS

Liverpool mengalahkan Chelsea via adu penalti dalam laga final Piala FA 2021/22 di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Sabtu (14/5). Namun, kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cederanya Mohamed Salah dan Virgil van Dijk.

Juergen Klopp mengungkapkan kondisi cedera dua pemain andalannya itu. Menurut pelatih asal Jerman itu, Salah dan Van Dijk baik-baik saja, tetapi berpotensi absen saat Liverpool bersua Southampton di Liga Inggris pada Rabu (18/5) dini hari WIB.

“Saya pikir [Salah dan Van Dijk] baik-baik saja. [Namun] Saya tidak berpikir mereka akan siap untuk hari Selasa [Rabu dini hari WIB]. Sejujurnya, saya tidak berpikir mereka akan siap untuk hari Selasa [melawan Southampton]!” kata Klopp kepada ESPN.

“Tapi saya pikir, mereka baik-baik saja, itu lebih merupakan tindakan pencegahan. Mo merasakan sesuatu, bilang ke saya bisa melanjutkan dan saya harus membuat keputusan, saya bilang tidak. Jika Anda merasakan sesuatu di lapangan, itu tidak benar dan tidak akan menjadi lebih baik [jika Anda terus bermain], ngotot bukanlah pengobatan terbaik!” tegasnya.

Pemain Liverpool Mohamed Salah menerima perawatan medis setelah mengalami cedera saat hadapi Chelsea di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (14/5/2022). Foto: Action Images via Reuters/Peter Cziborra

Mohamed Salah menjadi bagian dari starting XI Liverpool dalam laga ini. Ia bermain di lini depan bersama Sadio Mane dan Luis Diaz. Virgil van Dijk pun main sejak awal sebagai bek tengah, berduet dengan Ibrahima Konate.

Di menit 32, Salah tampak terduduk di area tengah lapangan. Tidak begitu jelas insiden apa yang menimpa winger 29 tahun ini.

Salah terlihat mengalami masalah di bagian pahanya dan harus ditarik keluar pertandingan. Winger Mesir itu bisa keluar dalam keadaan berjalan normal, lalu digantikan oleh Diogo Jota.

Di sisi lain, Van Dijk sempat main di lapangan hingga 91 menit, sebelum digantikan oleh Joel Matip. Klopp menilai bahwa Van Dijk sanggup main 90 menit dengan keadaan sakit pada ototnya di laga ini, tetapi tidak mungkin jika harus sampai 120 menit.

Pemain Liverpool Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate saat hadapi Chelsea di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (14/5/2022). Foto: Hannah McKay/REUTERS

Dalam laga final Piala FA ini, tidak ada gol yang tercipta selama 120 menit pertandingan waktu normal dan masa perpanjangan. Kemenangan Liverpool ditentukan via adu penalti dengan skor akhir 6-5. Jadi, Salah dan Van Dijk hanya bisa menyaksikan dari pinggir lapangan ketika momen kemenangan ini terjadi.

Juergen Klopp boleh jadi menarik Salah dan Van Dijk keluar karena tak mau mengambil risiko. Sebab, Liverpool harus menghadapi Real Madrid di final Liga Champions 2021/22. Belum lagi, masih ada sisa 2 laga Liga Inggris yang harus dijalani di tengah persaingan juara dengan Man City.

Jadwal Sisa 3 laga Liverpool di musim 2021/22 (WIB)

18 Mei 2022: Southampton vs Liverpool (Liga Inggris/tandang)

22 Mei 2022: Liverpool vs Wolves (Liga Inggris/kandang)

29 Mei 2022: Liverpool vs Real Madrid (Liga Champions/netral)

Comments are closed.