Jokowi Tinjau RS Darurat di Rusun Pasar Rumput: 2.060 Bed Sudah Siap

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan usai meninjau Rusun Pasar Rumput. Foto: Youtube/@BPMI

Presiden Jokowi pada Rabu (7/7) malam, meninjau Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Rencananya Rusun Pasar Rumput akan dijadikan rumah sakit darurat bagi pasien COVID-19.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan akan ada tiga tower yang dijadikan lokasi isolasi. Yakni tower 1, 2 dan 3.

“Tadi kita cek tower 1 sudah siap dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur. Kemudian tower 2 dan 3 sebanyak 5.950 akan siap dalam 2-3 hari ini,” kata Jokowi.

Dalam peninjauan ini, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Satgas COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito.

Jokowi mengatakan, pasien COVID-19 yang dirawat di Rusun Pasar Rumput merupakan pasien tanpa gejala dan gejala ringan.

“Saya sengaja dengan Menteri PUR dan Kepala BNPB datang langsung untuk cek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka penggunaan untuk isolasi pasien COVID-19 bergejala ringan dan OTG,” ucap Jokowi.

Suasana Rumah Susun Pasar Rumput untuk tempat isolasi pasien positif COVID-19 tanpa gelaja. Foto: Dok. DKI

Lebih lanjut, eks Wali Kota Solo itu memastikan pemerintah terus melakukan persiapan dengan menambah rumah sakit darurat akibat lonjakan COVID-19. Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang terus berjuang melawan pandemi COVID-19.

“Terima kasih kepada para dokter, tenaga kesehatan dan seluruh relawan yang telah bekerja dari pagi siang malam dalam rangka menangani COVID-19,” tutup Jokowi.

Comments are closed.