Jokowi Bicara Demokrasi dan HAM di HUT Bhayangkara

Presiden Joko Widodo pada Peringatan Ke-75 Hari Bhayangkara Tahun 2021, di Istana Negara, Kamis (1/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-75 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (1/7). Sejumlah pesan disampaikan kepada jajaran Polri di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi sehingga setiap pendapat bebas disampaikan di depan umum. Hal itu jugalah yang harus jadi pedoman Polri dalam penegakan hukum.

“Ingat bahwa negara kita negara Pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Divisi Humas Polri, Kamis (1/7).

Jokowi meminta, kewenangan Polri dalam penegakan hukum harus dilakukan secara bijaksana. Tidak mengabaikan nilai-nilai Pancasila.

“Tapi saya ingatkan, penggunaan kewenangan Polri melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan dan seterusnya harus dilakukan secara bijak, harus secara bertanggung jawab,” ujar Jokowi.

Peringatan Ke-75 Hari Bhayangkara Tahun 2021, di Istana Negara, Kamis (1/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Usai memberi sambutan, Jokowi didampingi Kapolri tampak menyapa para Kapolres dan Kapolda secara video conference. Upacara sendiri dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker dan pelindung wajah.

Dalam acara peringatan itu juga turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta kepala staf angkatan.

Comments are closed.