Joko Anwar Tanggapi Teori Penggemar tentang Cerita Pengabdi Setan

Poster Pengabdi Setan 2. Foto: Instagram/@jokoanwar

Telah hampir lima tahun berlalu sejak film Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar dirilis. Kini, sekuelnya, Pengabdi Setan 2: Communion, tayang di bioskop-bioskop di Indonesia sejak kemarin, Kamis (4/7).

Sebelum film Pengabdi Setan 2: Communion dirilis, bermunculan teori-teori penggemar terkait Pengabdi Setan di media sosial. Salah satunya mengenai tokoh Bapak di Pengabdi Setan yang diduga merupakan anggota Herosase, sekte yang terdapat di Pintu Terlarang, salah satu film horor Joko Anwar.

Teori penggemar lainya menyebutkan bahwa Batara, tokoh yang muncul di akhir film Pengabdi Setan, adalah orang yang sama dengan tokoh Gambir di Pintu Terlarang. Dua tokoh tersebut sama-sama diperankan oleh Fachri Albar.

Joko Anwar mengetahui adanya teori-teori penggemar yang bermunculan di media sosial tersebut. Ia mengatakan bahwa film-filmnya, antara satu dengan yang lain, memang memiliki hubungan.

Pria berusia 46 tahun tersebut juga membeberkan, penonton bisa jadi akan mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai hubungan antara film-filmnya ketika ia sudah merilis beberapa film lagi nanti.

“Sebenarnya memang semua film saya, kan, ada hubungannya, ya, dalam satu tatanan cerita yang sama gitu. Cuma, kan, tidak dalam garis linear gitu. Jadi, mungkin harus ditunggu dalam beberapa film lagi, baru terlihat lebih jelas,” tuturnya kepada kumparan.

Sutradara, Joko Anwar. Foto: Getty Images

Masih terkait teori-teori penggemar, Joko Anwar enggan memastikan mana di antaranya yang betul maupun yang salah. Ia membebaskan para penonton untuk membuat penafsiran sendiri.

“Saya, sih, memutuskan untuk tidak bilang benar atau salah. Biarkan penonton yang menarik kesimpulan sendiri. Biar lebih seru kayaknya, ya,” ucap Joko Anwar.

Terkait bahwa film-filmnya memiliki hubungan satu sama lain, apakah ada rencana untuk membuat suatu cinematic universe yang resmi? Joko Anwar memilih untuk tak menjawabnya secara gamblang.

“Gimana, ya, jawabnya?” ujar Joko Anwar diakhiri tawa.

Adegan dalam film Pengabdi Setan 2: Communions. Foto: YouTube/Rapi Films

Produser soal Pengabdi Setan Dijadikan Cinematic Universe: Ada Kemungkinan

Sementara itu, Sunil Samtani selaku produser mengatakan, bukan tak mungkin pihaknya membuat cinematic universe untuk film Pengabdi Setan. Hanya saja, ia mengaku belum pernah membahasnya lebih lanjut bersama tim.

“Ya, mungkin, ya, karena karakter kita banyak sekali di sini. Jadi, ada kemungkinan bisa ke sana juga, sih,” ucap Sunil Samtani kepada kumparan.

Yang jelas, Sunil Samtani punya harapan agar Pengabdi Setan tak berhenti sampai di sekuel, melainkan terus berkelanjutan.

“Kalau saya, selalu berharap sampai Pengabdi Setan 6. Kalau saya, ‘Bang Joko, ini harus terus, enggak boleh setop.’ Jadi, tinggal penontonnya, kalau ada, kita tetap jalan. Kalau memang terus, penonton kita bagus, dan penonton tetap masih mengikuti Pengabdi Setan, kenapa enggak, gitu, kita tetap membuat,” pungkas Sunil Samtani.

Film pertama Pengabdi Setan yang dirilis pada 2017 lalu sempat menjadi sensasi karena mencetak rekor sebagai film horor terlaris sepanjang masa dengan 4,2 juta penonton. Selain itu film adaptasi dari cerita klasik tahun 1980-an ini juga mendapatkan 13 nominasi Festival Film Indonesia dan berhasil memenangkan 7 di antaranya.

Pencapaian Pengabdi Setan di box office baru saja dipatahkan film KKN Desa Penari yang meraup lebih dari 9 juta penonton.

Comments are closed.