Jerman Kalah, Semua Alumni Grup Neraka Euro 2020 ‘Terbakar’ Habis

Pemain Inggris Bukayo Saka duel dengan pemain Jerman Toni Kroos saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Matthew Childs/Reuters

Jerman takluk dari Inggris pada laga babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (29/6) malam WIB. Die Mannschaft menjadi alumni terakhir grup neraka turnamen edisi ini yang gugur.

Gol Inggris dicetak oleh Raheem Sterling (75′) dan Harry Kane (86′) menyudahi perjuangan Jerman di Euro 2020. Joachim Loew gagal mempersembahkan trofi juara terakhir untuk timnas negaranya.

Sebelumnya ketika di babak grup, Jerman tergabung dalam Grup F yang merupakan grup neraka di Euro 2020. Thomas Mueller cs satu grup dengan Portugal, Prancis, dan Hongaria.

Jerman mencatatkan masing-masing satu kekalahan, hasil imbang, dan kemenangan. Mereka melaju ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai runner up Grup F, sementara Prancis adalah juara grupnya dan Portugal lolos karena menjadi peringkat tiga terbaik.

Reaksi pemain Portugal Cristiano Ronaldo usai dikalahkan Belgia di 16 besar Euro 2020. Foto: Thanassis Stavrakis/Reuters

Nahas, kini sudah tidak ada alumni grup neraka yang masih bertahan di Euro 2020. Tiga tim selain Hongaria gugur di fase 16 besar.

Portugal tersingkir setelah dikalahkan Belgia dengan skor 1-0. Gol tunggal Thorgan Hazard menghukum Cristiano Ronaldo dan kolega.

Sementara itu, Prancis terusir usai keok secara dramatis dari Swiss. Les Bleus sempat unggul 3-1, lalu terkejar 3-3, dan akhirnya kalah adu penalti karena Yann Sommer sukses menepis bola tendangan Kylian Mbappe.

Teranyar, Jerman tak berdaya di hadapan Inggris. Sempat mampu mengimbangi permainan, Thomas Mueller cs akhirnya harus angkat koper lebih cepat.

Kiper Swiss Yann Sommer saat menggagalkan tendangan penalti pemain Prancis Kylian Mbappe. Foto: Marko Djurica/Reuters

Situasi ini mirip dengan Euro 2016. Spanyol, Kroasia, Turki, dan Ceko masuk grup neraka kala itu. Dua tim yang disebut pertama berhasil ke 16 besar, tetapi gagal ke perempat final.

Putar memori ke Euro 2012, Jerman juga tergabung di grup neraka. Segrup dengan Portugal, Belanda, dan Denmark; Philipp Lahm cs melaju ke fase gugur dengan status sebagai juara grup. Namun, mereka gagal menjadi juara karena dikalahkan Italia 1-2 di semifinal.

***

Comments are closed.