Jarang Disadari, Ini 3 Dampak Negatif Keramas Menggunakan Air Hangat

ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock

Ladies, beberapa orang seringkali menggunakan air hangat untuk mandi atau sekadar keramas. Terlebih ketika cuaca sedang dingin-dinginnya, air hangat bisa menjadi solusi agar tubuh tidak kedinginan.

Tetapi, penggunaan air hangat untuk keramas ternyata tidak selalu memberikan manfaat yang baik, loh. Meskipun tubuh akan terasa lebih hangat, nyatanya air hangat yang digunakan untuk keramas memiliki dampak negatif untuk kesehatan rambut.

Mengutip Style Craze, suhu pada air hangat hanya akan membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Mulai dari kelembapannya yang berkurang hingga rambut menjadi lebih kering. Bahkan, keramas menggunakan air hangat juga bisa membuat kamu lebih sering merasakan sakit kepala.

Namun, bukan berarti kamu memilih untuk keramas menggunakan air dingin ya, Ladies! Karena hampir sama dengan air hangat, suhu yang disebabkan oleh air dingin juga mampu merusak kesehatan rambut. Misalnya saja rambut menjadi lebih berminyak dan kasar karena kutikula rambut yang tidak terbuka.

Oleh karena itu, keramas dengan menggunakan air yang bersuhu normal menjadi satu-satunya cara efektif agar terhindar dari kerusakan rambut. Lantas, apa saja dampak negatif yang diberikan jika tetap menggunakan air hangat untuk keramas?

Mengutip Times Now News, berikut beberapa dampaknya yang telah kumparanWOMAN rangkum hanya untuk kamu. Simak di bawah ini, Ladies!

1. Kulit kepala dan rambut menjadi kering

Ilustrasi wanita dengan rambut kering. Foto: Shutter Stock

Suhu yang disebabkan oleh air hangat terhadap rambut ternyata berpengaruh cukup besar ya, Ladies. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa air hangat untuk keramas bisa membuat rambut menjadi kering. Tidak hanya itu, kulit kepala pun akan terkena dampak dari penggunaan air hangat saat keramas yakni rasa gatal.

2. Kerontokan rambut

Ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock

Di poin ke-2 ini, kerusakan rambut juga bisa disebabkan karena kombinasi yang tidak baik antara sampo dan air hangat. Pasalnya, senyawa yang ada di dalam sampo ketika digabungkan dengan air hangat hanya akan memicu akar rambut melemah. Akibatnya, kamu mengalami kerontokan rambut dalam jumlah yang tidak sedikit dan membuat volume rambut berkurang.

3. Membakar keratin rambut

Ilustrasi wanita dengan rambut kering. Foto: Pixabay

Suhunya yang lebih panas dibandingkan dengan air normal pada umumnya akan berpengaruh pada protein keratin rambut. Kandungan tersebut lama-lama akan meleleh ketika terus-menerus dikenai air hangat. Dengan melelehnya protein keratin tersebut, rambut tidak memiliki perlindungan. Akibatnya, rambut akan mengalami kerusakan secara perlahan.

Penulis: Johanna Aprillia

Comments are closed.