Jam Malam, Tim Gabungan Bubarkan Kerumunan di Solo dengan Semprotan Disinfektan

Tim gabungan berpatroli dan membubarkan warga yang masih berkerumun di Kota Solo

SOLO-Tim Gabungan Penanganan COVID-19 di Kota Solo membubarkan warga yang masih nongkrong di sejumlah tempat publik, Sabtu malam (03/07/2021). Pembubaran dilakukan dengan penyemprotan disinfektan.

Tim yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan sejumlah organisasi relawan itu menandai jam malam pada pukul 20.00 WIB. Mereka berkeliling ke semua penjuru Kota Solo menggunakan kendaraan operasional dengan membunyikan sirine yang meraung-raung.

Patroli itu berhenti setiap menjumpai masih ada warga yang nongkrong dan berkerumun lantas menyemprotkan disinfektan di sekitar tempat itu. Mau tidak mau kerumunan tersebut langsung bubar.

Sejumlah kendaraan yang dilengkapi pelantang suara juga ikut dilibatkan. Kendaraan itu digunakan untuk memberikan imbauan kepada warga untuk segera pulang ke rumah.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan jam malam itu diberlakukan untuk mendukung penerapan PPKM Darurat. “Kami akan menindak tegas jika ada yang melawan petugas,” kata dia di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, petugas terus mengimbau warga yang tidak memiliki keperluan mendesak untuk tetap di rumah saja selama pemberlakukan jam malam.

Pihaknya juga telah melibatkan tim penyidik dalam operasi tersebut. Tim penyidik akan memproses jika terdapat pelanggaran dalam penerapan PPKM Darurat.

(Agung Santoso)

Comments are closed.