Jaga Diri Tetap Bersih saat Menstruasi, Bagaimana Caranya?

Tips menjaga kesehatan area kewanitaan saat menstruasi. Foto: Shutterstock

Sebagai perempuan, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan agar terhindar dari infeksi, terutama saat menstruasi. Bukan tanpa alasan, tingkat keasaman pH di vagina akan meningkat dan menyebabkan area ini cenderung lebih lembab.

Ladies, tahukah kamu bahwa vagina yang lembab adalah sarang tepat untuk bakteri jahat berkembang biak. Bila tidak dijaga kebersihannya, gangguan kesehatan seperti vaginitis atau peradangan vagina, hinggapnya bacterial vaginosis, jamur vagina yang dapat memengaruhi kesuburan, hingga infeksi saluran kencing (ISK) rentan datang.

Lantas, bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan vagina selama menstruasi?

1. Bersihkan area kewanitaan secara rutin dan tepat

Penerapan cara membersihkannya harus tepat, terutama di 3 saluran yang berdekatan yakni uretra, vagina dan juga anus. Maka, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang lalu keringkan menggunakan tisu bersih tanpa pewangi.

2. Rutin ganti pembalut

Makin besar volume darah yang dikeluarkan saat menstruasi, intensitas mengganti pembalut juga harus lebih banyak. Meski volumenya tidak terlalu banyak sekali pun, tetap ganti pembalut setiap 4 hingga 6 jam sekali untuk meminimalisir berkembangnya bakteri jahat penyebab infeksi dan bau tak sedap.

3. Pakai pembalut berdaya serap tinggi

Memilih pembalut yang tepat saat menstruasi adalah salah satu cara agar daerah kewanitaan tetap bersih. Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap tinggi dan tidak mudah bocor agar kelembaban vagina tetap terjaga, Ladies. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari bisa lebih nyaman meski menstruasi sedang banyak-banyaknya.

Selain itu, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi datang?

Instagram Live Night Talk, Jaga Diri Lebih Bersih saat Menstruasi, Jum’at, 2 Juli 2021 pukul 19.00 WIB. Foto: kumparan

kumparanWOMAN dan Hers Protex akan membahasnya secara mendalam pada sesi Instagram Live Night Talk, Jaga Diri Lebih Bersih saat Menstruasi, Jum’at, 2 Juli 2021 pukul 19.00 WIB, live di Instagram @hersprotexid, @kumparancom, dan @hasyakyla.

Dipandu oleh Cindy Lauw sebagai host, topik ini akan mengupas tuntas cara menjaga kebersihan selama menstruasi. Bersama aktris dan penyanyi, Hasyakyla Utami, serta representative Hers Protex, Evelyn Elrica, ketahui tips dan trik agar tetap bersih dan nyaman saat datang bulan.

Yuk ajak keluarga, kerabat, dan temanmu mengikuti perbincangan seru tentang seluk-beluk menstruasi untuk tubuh yang lebih bersih dan sehat. Jangan lupa pasang alarm di smartphone agar tidak ketinggalan acaranya, ya!

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Hers Protex

Comments are closed.