ITERA Jadi Kampus Pertama di Lampung yang Buka Prodi S1 Pariwisata

Pintu Gerbang utama kampus Itera | Foto: Lampung Geh

Lampung Geh, Lampung Selatan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Pariwisata. Prodi S1 Pariwisata ITERA merupakan prodi pertama yang ada di Provinsi Lampung.

Adapun Prodi S1 Pariwisata Itera tersebut memiliki konsentrasi di bidang perencanaan destinasi pariwisata, kajian dan manajemen pariwisata, serta kajian fisik dan lingkungan pariwisata.

Rektor ITERA Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan, kehadiran prodi S1 Pariwisata ITERA, diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi industri kepariwisataan, meningkatkan perekonomian bangsa, dan dapat menciptakan lapangan kerja.

“Indonesia belum masuk 10 besar target tujuan wisata mancanegara. Sehingga ini perlu mendapatkan perhatian, dan hadirnya Prodi S1 Pariwisata ITERA menjadi upaya peningkatan dari segi keberadaan kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata,” katanya, Selasa (24/1).

Rektor mengungkapkan, potensi pariwisata di Indonesia sangat luar biasa seperti keindahan alam, keunikan fenomena alam, hingga objek ombak yang menjadi tujuan olahraga surfing dunia.

Menurutnya, meski potensi alam sangat besar, infrastruktur pariwisata di Indonesia belum memadai. Selain itu, Indonesia juga masih belum berorientasi pada isu global tentang kualitas lingkungan.

Untuk itu, dengan memiliki potensi yang sangat besar, ia pun berharap adanya prodi Pariwisata dapat memberikan kontribusi positif di dunia kepariwisataan nasional. (*)

Comments are closed.