Israel Hujani Jalur Gaza dengan Roket, 15 Orang Warga Palestina Tewas

Roket ditembakkan oleh militan Palestina ke Israel, di tengah pertempuran Israel-Palestina, di Kota Gaza 5 Agustus 2022. Foto: Mohammed Salem/REUTERS

Israel menggempur Gaza dengan serangan udara pada hari Jumat (5/8) waktu setempat, menewaskan lebih dari 15 orang, termasuk seorang komandan top kelompok Jihad Islam. Jihad Islam dikenal sebagai milisi terkuat kedua di Gaza setelah Hamas.

Pihak Israel mengatakan, serangan tersebut menewaskan komandan utama kelompok Jihad Islam, yang dituding atas serangkaian serangan baru-baru ini di wilayah Israel.

Di sisi lain, Jihad Islam mengatakan pengeboman oleh Israel ini merupakan ‘deklarasi perang’. Serangan balasan pun dilakukan sebagai respons awal. Lebih dari 100 roket ditembakkan ke Israel.

Dikutip dari AFP, belum ada laporan terkait dampak serangan balik tersebut. Pejabat di Tel Aviv, Israel, mengatakan telah membuka lokasi perlindungan dari bom di kota tersebut.

Namun, di pihak Gaza, seorang anak termasuk di antara mereka yang tewas, menurut kementerian kesehatan wilayah itu, yang dijalankan oleh gerakan Islam Hamas.

Tercatat, Hamas telah berperang empat kali dengan Israel sejak menguasai Gaza pada 2007, terakhir pada Mei tahun lalu. Jihad Islam adalah kelompok yang terpisah, tetapi bersekutu dengan Hamas.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan serangan itu adalah “operasi kontra-teror yang tepat terhadap ancaman langsung” terhadap Israel.

Milisi Gerakan Jihad Islam di Jalur Gaza, Palestina. Foto: AFP/Mohammed Abed

Korban di Pihak Gaza

Api nampak berkobar dari sebuah bangunan di Kota Gaza setelah serangan putaran pertama dari Israel menghujani wilayah tersebut. Sementara warga Palestina yang terluka dievakuasi oleh petugas medis.

Kementerian kesehatan Gaza melaporkan seorang gadis berusia lima tahun, termasuk di antara mereka yang tewas. 55 warga Palestina lainnya terluka, kata kementerian itu.

Alaa Kaddum yang berusia lima tahun itu terlihat berpita merah muda di rambutnya dengan luka di dahinya, saat tubuhnya dibawa oleh ayahnya di pemakamannya.

Jihad Islam mengatakan beberapa anggota sayap militernya termasuk di antara mereka yang tewas, termasuk pejuang besar Taysir al-Jabari ‘Abu Mahmoud’, komandan Brigade Al-Quds di wilayah utara Jalur Gaza.

Ratusan pelayat berkumpul di Kota Gaza untuk pemakaman Jabari dan lainnya yang tewas dalam serangan udara.

Juru bicara militer Israel Richard Hecht mengatakan “kami mengasumsikan sekitar 15 tewas” di Gaza, mengacu pada pejuang Palestina.

Roket ditembakkan oleh militan Palestina ke Israel, di tengah pertempuran Israel-Palestina, di Kota Gaza 5 Agustus 2022. Foto: Mohammed Salem/REUTERS

Tank-tank Israel berbaris di sepanjang perbatasan dan pihak militer mengatakan pada Kamis (4/8) bahwa pihaknya memperkuat pasukannya.

Duta Besar AS Tom Nides mengatakan pihaknya sangat percaya bahwa Israel memiliki hak untuk melindungi dirinya sendiri.

“Kami terlibat dengan berbagai pihak dan mendesak semua pihak untuk tenang,” tulisnya di Twitter.

Utusan perdamaian Timur Tengah PBB Tor Wennesland mengatakan dia sangat prihatin atas serangan tersebut, memperingatkan bahwa eskalasi itu “sangat berbahaya”.

Comments are closed.