Inilah Mobil Baru Termurah yang Dijual di Indonesia

Mobil termurh saat ini di Indonesia, Daihatsu Ayla D. dok. Daihatsu

Bicara harga mobil baru setiap tahunnya mengalami peningkatan, karena menyesuaikan biaya produksi, bahan baku, bea administrasi, hingga penambahan fitur yang kerap dilakukan pabrikan.

Oleh sebab itu, per 2021 ini semakin sulit mencari mobil baru murah. Bahkan penelusuran kumparan mengacu daftar harga mobil penumpang anyar di Indonesia, tak ada lagi yang dibanderol di bawah Rp 100 juta. Apalagi usai Datsun resmi setop penjualan 2020 lalu.

Kini satu-satunya mobil termurah yang saat ini tersedia di pasaran adalah Daihatsu Ayla tipe D bertransmisi manual 5-percepatan. Harganya Rp 103,3 juta. Kemungkinan besar ditambah diskon dari diler bisa di bawah Rp 100 juta.

Secara trim, Daihatsu Ayla D ini merupakan tipe terendah atau paling dasar. Makanya tampilannya standar apa adanya, sehingga cocok buat konsumen yang suka mobil trondolan untuk dimodifikasi.

Kelengkapan dan fitur mobil termurah di Indonesia

Dari luar dia punya tampilan rupa Ayla 1.000 cc biasa. Tapi ingat lagi, karena varian terendah jangan harap ada kelengkapan, kosmetika dan fitur kendaraan pada umumnya.

Mobil termurh saat ini di Indonesia, Daihatsu Ayla D. dok. Daihatsu

Sebab dia cuma disematkan lampu halogen biasa, grille plastik hitam, velg kaleng 13 inci, dan spion ber-cover hitam. Jadi minus talang air, lampu kabut, spoiler, wiper belakang, dop velg, hingga LED sein pada spion.

Nah dari dalam juga sama nih, tak banyak kelengkapan dan fitur yang ada pada Daihatsu Ayla D ini. Pelapis pintu masih berupa kain vinyl tanpa moulding, kemudian pembuka jendela masih pakai window by power alias engkol putar.

Panel meter juga dibuat simpel, cuma ada penunjuk kecepatan analog dan volume bensin digital. Tapi tetap ada logo indikator lain sebagai sumber informasi kondisi mobil.

Adapun kuncinya ikut sederhana seperti kunci besi lemari tanpa bubuhan plastik pada bagian pegangannya. Lalu setir palang tiganya tanpa pengaturan audio.

Ya jelas, head unit-nya saja tak disediakan Daihatsu, karena lagi-lagi merupakan varian termurah. Pun penyejuk kabin atau AC sampai kisi-kisinya juga ditiadakan, sebagai gantinya slot untuk meletakkannya diganti plastik dummy.

Model joknya punya headrest tersambung, sementara bagian belakangnya tanpa sandaran kepala. Sebenarnya sudah ada lubangnya, jadi tinggal beli headrest terpisah. Selain itu Anda juga tak akan menemukan hand grip, dan sun shade sisi penumpang

Namun demikian mengemudikan Daihatsu Ayla paling murah ini tak usah khawatir baterai smartphone habis, karena sudah ada power outlet. Tinggal tambah adaptor tambahan. Sabuk keselamatan semuanya juga sudah 3-titik, kemudian jok depan bisa diatur sliding dan reclining.

Sudah, tidak ada lagi fitur kendaraan yang bisa disebutkan. Rem ABS? Airbag? Seatbelt reminder? Sayangnya tidak ada. Lanjut ke mesin, dia pakai 1KR-DE 996 cc 3-silinder yang menjanjikan tenaga 63 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 86 Nm di putaran 6.300 rpm.

Comments are closed.