Inilah Kandidat Motor Listrik Tercepat di Bumi, Bisa Digeber Berapa Km/jam?

WMC250EV ketika di sirkuit Silverstone, Inggris. Foto: dok. White Motorcycle Concepts

Angin perubahan sudah meniup industri otomotif, banyak perusahaan otomotif ternama mulai beralih ke elektrik dan perlahan-lahan meninggalkan mesin berbahan bakar bensin. Dengan perubahan ini, banyak perusahaan baru yang berdatangan dengan inovasi elektrik masing-masing.

Salah satunya seperti White Motorcycle Concepts, perusahaan asal United Kingdom ini hadir dengan motor listrik buatan mereka, WMC250EV. Motor tersebut memiliki desain sangat unik yang mana berfokus pada efisiensi aerodinamis agar mampu menghasilkan kecepatan yang menakjubkan.

WMC250EV sedang dibangun. Foto: dok. White Motorcycle Concepts

Sang pendiri, Robert White sangat percaya diri terhadap motor buatan perusahaannya ini, bahkan ia ingin membuktikannya dengan memecahkan rekor motor tercepat di Bolivia pada tahun 2022 nanti. Robert mengklaim motor ini akan menjadi motor listrik tercepat di dunia.

Dari bagian samping, motor ini mungkin terlihat motor biasa lainnya. Dibuat seperti ‘memeluk’ sang pengendara agar terhindar dari angin ketika motor meluncur memecahkan rekornya. Belum sampai situ, bagian menariknya terdapat pada bagian depan motor.

Bagian depan dari WMC250EV. Foto: dok. White Motorcycle Concepts

Terlihat dari depan, WMC250EV itu memiliki bagian tengah yang bolong. Teknologi tersebut diberi nama V-Air. Tujuannya adalah agar motor dapat memotong angin dan berdasarkan uji coba yang dilakukan, motor tersebut mampu mengurangi hambatan angin sebesar 70%.

WMC250EV ini merupakan motor 2-wheel drive atau yang mereka sebut dengan D-Drive dengan sepasang mesin listrik pada bagian depan dan belakang. Berbeda dari motor saat ini memiliki mesin yang besar pada bagian tengahnya, WMC250EV memiliki fleksibilitas karena mesin listrik mereka lebih kecil dan posisi baterai dapat diatur. Hasilnya adalah kebebasan yang tidak dimiliki oleh motor saat ini.

WMC250EV ketika uji aerodinamis. Foto: White Motorcycle Concepts

Saat ini, White Motorcycle Concepts sedang memikirkan kembali bagaimana sepeda motor dibuat, termasuk pembagian berat. Mereka membuat berat motor lebih condong ke depan untuk membantu sistem F-Drive (final drive). WMC250EV membangun sepeda motor dengan cara yang baru dan berbeda. Dengan ide seperti ini, industri otomotif akan memiliki variasi dan perubahan yang cukup besar.

Comments are closed.