Ini Kecepatan Download Internet 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?

Ilustrasi siapa operator seluler yang memiliki kecepatan download tercepat? Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

OpenSignal kembali merilis laporan terbaru mengenai pengalaman jaringan seluler di Indonesia periode Juni 2021. Laporan tersebut menganalisis lima jaringan operator, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, 3 (Tri Hutchison), dan Smartfren, baik secara nasional dan regional.

OpenSignal melakukan pengumpulan data dari Februari-Mei 2021 dan hasilnya mencatat Telkomsel masih unggul dalam kecepatan download dibanding empat operator seluler lainnya. Namun, XL Axiata berhasil memangkas ketertinggalan dengan meningkatkan kemampuan unduhannya.

Secara rinci, pengalaman kecepatan download pengguna Telkomsel naik 5,9 persen menjadi 13,4 Mbps. Sementara, XL Axiata di posisi kedua mencapai 12,6 Mbps. Catatan ini dibanding laporan sebelumnya, keunggulan Telkomsel atas XL Axiata dalam hal kecepatan unduhan turun dari 1,4 Mbps menjadi 0,9 Mbps.

Telkomsel menjadi juara operator yang memiliki kecepatan download tercepat. Foto: Opensignal

Di sisi lain, keseluruhan pengalaman kecepatan download meningkat di semua operator. Secara berurutan kecepatan unduh Indosat 12,1 Mbps, Tri Indonesia 11,1 Mbps, dan Smartfren 6,3 Mbps.

Sementara, dalam hal pengalaman kecepatan upload, Telkomsel juga masih unggul dengan 6,8 Mbps. Diikuti di bawahnya oleh XL Axiata dengan kecepatan 5,6 Mbps, Indosat 5,7 Mbps, Tri Indonesia 5,1 Mbps, dan Smartfren 1,2 Mbps.

Tri Indonesia jago kecepatan internet untuk game dan suara

Operator Tri Indonesia berhasil unggul pada kategori pengalaman game seluler dan aplikasi suara. Tri memenangkan kategori untuk game seluler dengan skor 69,4 poin (dari skala 100). Posisi berikutnya adalah Telkomsel dengan skor 57,6 poin, Indosat 55,6 poin, XL Axiata 53,2 poin, dan Smartfren 49,7 poin.

Kemudian, kategori pengalaman aplikasi suara dengan Tri mencapai skor tertinggi dengan 78,6 poin. Telkomsel kembali berada di posisi kedua dengan 76,1 poin, Indosat 74,6 poin, XL Axiata di posisi selanjutnya dengan 73,3 poin, dan Smartfren di 72,7 poin.

Tri Indonesia menjadi juara operator yang memiliki pengalaman game seluler terbaik. Foto: Opensignal

“Tri sekali lagi memimpin dalam pengukuran kualitas pengalaman kami untuk layanan suara over the top pada aplikasi seluler WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger,” kata Analis Teknis OpenSignal, Hardik Khatri dikutip dari keterangan resminya.

Kategori pengalaman streaming video, Telkomsel unggul dibandingkan operator lainnya. Dalam kategori ini Telkomsel mendapatkan skor 62,7 poin. Sementara Tri di posisi kedua dengan poin 61,7 poin, disusul Indosat dengan 59,9 poin, XL Axiata 57,3 poin, dan Smartfren 40,1 poin.

OpenSignal menobatkan Smartfren, sebagai operator khusus 4G di Indonesia, yang sekali lagi memenangkan penghargaan Ketersediaan 4G, meskipun hanya menempati peringkat keempat dalam Pengalaman Jangkauan 4G.

Smartfren operator khusus 4G di Indonesia, yang memenangkan penghargaan Ketersediaan 4G. Foto: Opensignal

Soal jaringan 5G, catat Opensignal meskipun masih dalam tahap awal dan merupakan area fokus penting bagi operator Indonesia, sejumlah besar proporsi dari populasinya masih bergantung pada teknologi jaringan 3G lama.

Ke depannya, karena mengadopsi 5G, operator Indonesia akan mendapat manfaat dari migrasi pengguna 3G ke 4G dan memperbarui pita spektrum 2G/3G ke layanan 4G. Hal tersebut akan membantu percepatan penyebaran jaringan 4G dan 5G yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan seluler pengguna ponsel pintar secara keseluruhan.

Comments are closed.