Ini 7 Stasiun yang Layani Vaksinasi Gratis untuk Penumpang Selama PPKM Darurat

Calon penumpang antre untuk memasuki Stasiun Pasar Senen di Jakarta, Minggu (2/5/2021). Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

PT KAI menjadikan sertifikat vaksin sebagai syarat perjalanan tambahan bagi calon penumpang yang ingin menggunakan kereta jarak jauh selama PPKM darurat mulai 3 hingga 20 Juli.

Persyaratan baru tersebut mengacu pada SE Kemenhub Nomor 42 Tahun 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19.

Layanan vaksinasi gratis di Stasiun Senen Foto: Dok. PT KAI

Untuk membantu penumpang melengkapi persyaratan baru tersebut, PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan vaksinasi gratis di sejumlah stasiun yang berada di Pulau Jawa. Layanan ini akan diberikan bagi wisatawan pemegang tiket kereta api jarak jauh mulai 3 hingga 20 Juli.

“Pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat. Inovasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah guna mempercepat program vaksinasi COVID-19 di Indonesia,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari situs resmi KAI dikutip Minggu (4/7).

Pada tahap awal, PT KAI akan menyediakan layanan vaksinasi gratis khusus penumpang kereta api jarak jauh di 7 stasiun yang berada di Pulau Jawa. Joni juga menyebut bahwa pihaknya akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi.

Berikut 7 Stasiun di Pulau Jawa yang Sediakan Layanan Vaksinasi Gratis:

Stasiun Gambir

Stasiun Pasar Senen

Stasiun Cirebon

Stasiun Semarang Tawang

Stasiun Yogyakarta

Stasiun Solo Balapan

Stasiun Jember

Warga mengantre untuk mengikuti rapid tes antigen di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (22/12). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Syarat untuk menggunakan layanan ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin COVID-19.

Layanan vaksinasi pada stasiun terdaftar akan dibuka setiap hari mulau pukul 08.000 WIB hingga 12.00 WIB dengan kapasitas 100 vaksin per hari.

Selain menyerahkan sertifikat vaksinasi, calon penumpang kereta jarak jauh Pulau Jawa dan Sumatera harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes cepat antigen. Sementara itu, bagi calon penumpang di bawah usia 18 tahun tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin.

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).

Comments are closed.