Inggris vs Denmark: Drama VAR! The Three Lions Melaju ke Final Euro 2020

Pemain Denmark Andreas Christensen mencoba merebut bola dari pemain Inggris Raheem Sterling pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris.
Foto: Paul Ellis/Pool/REUTERS

Timnas Inggris bertemu Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7) dini hari WIB. Bertanding di Stadion Wembley, London, The Three Lions menang tipis 2-1.

Denmark membuka skor terlebih dahulu lewat free kick indah Mikkel Damsgaard di menit 30. Inggris membalas via own goal Simon Kjaer (39′) dan Harry Kane (104′).

Drama VAR sempat tersaji di laga ini. Gol Kane bermula saat Raheem Sterling terjatuh di kotak penalti Denmark. Wasit menimbang VAR untuk memastikan kembali hadiah penalti untuk Inggris.

Dengan hasil ini, Inggris berhak melaju ke final Euro 2020. Mereka akan berhadapan dengan Italia pada Senin (12/7) dini hari WIB.

Starting XI Inggris vs Denmark

England: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Shaw, Rice, Phillips, Saka, Mount, Sterling, Kane.

Denmark: Schmeichel, Christensen, Kjaer, Vestergaard, Stryger, Hojbjerg, Delaney, Maehle, Braithwaite, Dolberg, Damsgaard.

Jalannya Laga Inggris vs Denmark

Pemain Denmark Mikkel Damsgaard mencatak gol ke gawang Inggris pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris.
Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Inggris lebih tancap gas sejak menit awal. Peluang pertama hadir saat laga berjalan 11 menit. Mason Mount menusuk sisi kiri pertahanan Denmark, namun sepakannya mampu diblok.

Satu menit berselang, giliran Raheem Sterling yang mengancam. Sterling melepaskan sepakat akurat namun masih lemah. Bola ditangkap Kasper Schmeichel.

Kendati Inggris lebih dominan, justru Denmark yang mampu lebih dulu membuka skor. Pada menit 30, Mikkel Damsgaard melepaskan free kick indah yang langsung membobol gawang Jordan Pickford. Gol ini sekaligus menjadi gol perdana yang bersarang ke gawang Inggris di Euro 2020. Apik.

Tak butuh waktu lama bagi Inggris untuk menyamakan kedudukan. Sembilan menit berselang (39′) The Three Lions memaksa bek Denmark, Simon Kjaer, melakukan own goal. 1-1 Inggris menyamakan skor.

Skor sama kuat 1-1 ini sekaligus menjadi penutup jalannya babak pertama.

Selebrasi pemain Inggris usai mencaetak gol ke gawang Denmark pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris.
Foto: Justin Tallis/REUTERS

Laga semakin berjalan sengit memasuki babak kedua. Di menit 51, Kasper Dolberg melepaskan sepakan yang langsung diblok Jordan Pickford.

Tiga menit berselang giliran Inggris yang kembali mendapat peluang. Diawali skema free kick, Harry Maguire menyambar bola dengan tandukan kepala. Kasper Schmeichel dibuat jatuh bangun menyelamatkan gawang Denmark.

Mason Mount hampir saja mencetak gol bagi Inggris di menit 72. Berniat mengirim umpan, bola malah mengarah ke gawang Denmark. Lagi-lagi, Kasper Schmeichel dengan sigap membuang bola.

Inggris beberapa kali melancarkan serangan di penghujung waktu babak kedua. Namun, rapatnya barisan pertahanan Denmark tak mampu mereka tembus.

Alhasil, pertandingan harus dilanjutkan di babak perpanjangan waktu.

Pemain Denmark Martin Braithwaite menendang bola ke arah gawang Inggris pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Frank Augstein/REUTERS

Di babak perpanjangan waktu pertama, Inggris punya peluang besar saat lewat aksi Harry Kane di menit 93. Menerima umpan terobosan, Kane melepaskan sepakan sembari terjatuh, namun mampu diblok kiper Denmark.

Drama tersaji di menit 104. Raheem Sterling dijatuhkan di kotak penalti Denmark. Wasit langsung menunjuk titik putih dan memberi hadiah penalti untuk Inggris. Para pemain Denmark lantas melancarkan protes akan putusan tersebut.

Namun, setelah menimbang via VAR, wasit memutuskan untuk tetap memberi penalti kepada Inggris.

Harry Kane kemudian maju sebagai algojo. Sepakan pertamanya sempat diblok Kasper Schmeichel, lalu Kane menyambar bola liar dan mencetak gol bagi Inggris. 2-1 Inggris memimpin.

Skor 2-1 untuk Inggris bertahan hingga akhir laga. Inggris berhak melaju ke partai puncak Euro 2020.

Comments are closed.