Inggris Terancam Dihukum UEFA karena Laser di Laga Melawan Denmark

Ilustrasi asosiasi sepak bola Inggris. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) terancam menerima hukuman dari UEFA akibat insiden penggunaan laser pada pertandingan Inggris vs Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7) dini hari WIB.

The Three Lions menang dengan skor 2-1 pada laga tersebut. Gol Harry Kane melalui titik putih di menit 104 membuat armada Gareth Southgate melaju ke partai puncak Euro 2020.

Namun, gol tersebut berbau kontroversi lantaran hadiah penalti yang didapat disebut-sebut sebagai hasil diving Raheem Sterling. Selain itu, wajah kiper Denmark, Kasper Schmeichel, terlihat ditembak laser berwarna hijau saat Kane akan mengeksekusi tendangan.

Kasper Schmeichel menangis. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff

”Sebuah laser menyorot wajah Kasper Schmeichel saat Harry Kane melakukan tendangan penalti dalam kemenangan 2-1 Inggris atas Denmark di semifinal Euro 2020,” tulis laporan Talk Sport.

Dalam video yang beredar di sosial media, tampak laser tersebut memang diarahkan ke wajah Schmeichel. Tujuannya tak lain untuk mengganggu konsentrasi Schmeichel.

UEFA akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi soal insiden tersebut pada Kamis (8/7) sore WIB. Inggris akan dikenai hukuman untuk tiga pelanggaran yang terjadi dalam laga tersebut.

Berikut bunyi pernyataan UEFA dikutip dari Independent:

Proses disiplin telah dibuka setelah pertandingan semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark (2-1), dimainkan pada 7 Juli di Stadion Wembley, London.

Tuduhan terhadap Inggris:

Penggunaan pena laser oleh pendukungnya – Pasal 16(2)(d) Regulasi Disiplin UEFA (DR)

Gangguan yang disebabkan oleh pendukungnya selama lagu kebangsaan – Pasal 16(2)(g) DR

Penyalaan kembang api oleh pendukungnya – Pasal 16(2)(c) DR

Kasus ini akan ditangani oleh Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA (CEDB) pada waktunya.

Hingga stori ini dibuat, UEFA belum memastikan hukuman seperti apa yang akan diberikan kepada Inggris. Menurut laporan Mirror, Asosiasi Sepak Bola Inggris akan menerima denda yang besar.

****

Comments are closed.