Inggris Bikin Sejarah! Pertama Kali Tampil di Partai Final Euro

Selebrasi pemain Inggris Harry Kane usai mencetak gol ke gawang Denmark pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Inggris berhasil membuat sejarah dengan untuk kali pertama lolos ke partai final Euro. Hal tersebut dicatatkan usai menaklukkan Denmark 2-1 di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Dalam laga yang digelar di Stadion Wembley itu, Inggris sempat tertinggal lebih dulu lewat gol tendangan bebas indah yang dicetak gelandang muda Denmark, Mikkel Damsgaard, di menit ke-30.

Inggris pun sukses menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Simon Kjaer, sembilan menit berselang. The Three Lions baru bisa berbalik unggul di babak extra time lewat gol rebound Harry Kane setelah penaltinya ditepis Kasper Schmeichel.

Kemenangan ini pun berhasil membuat Inggris menorehkan tinta emas. Menurut catatan Opta, mereka berhasil mencapai final Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dalam 15 edisi sebelumnya, The Three Lions sama sekali tak pernah tampil di partai puncak.

Selebrasi pemain Inggris usai mencetak gol ke gawang Denmark pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Pencapaian terbaik Inggris sebelumnya adalah dua kali mencapai babak semifinal Euro, yakni pada edisi 1968 dan 1996 silam.

Selain final pertama di ajang Piala Eropa, ini juga menjadi yang pertama kalinya Inggris tampil di partai puncak turnamen internasional (termasuk Piala Dunia) sejak Piala Dunia 1966 silam, atau 55 tahun yang lalu.

Namun, perjuangan Inggris jadi juara tidaklah mudah. Pasalnya, Harry Maguire cs. sudah ditunggu Italia di final. Sebelumnya, Gli Azzuri sukses menyingkirkan Spanyol di semifinal lewat drama adu penalti.

Partai final Euro 2020 kali ini kembali akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB mendatang.

****

Comments are closed.