Infeksi Harian COVID-19 Pecah Rekor, Sydney Alami Hari Terburuk Sepanjang 2021

Suasana jalan raya yang sepi di pusat kota selama lockdown di Sydney, Australia, 28 Juni 2021. REUTERS/Loren Elliott Foto: Loren Elliott/REUTERS

Hari terburuk sepanjang 2021 dialami kota terbesar di Australia, Sydney. Pada Kamis (8/7/2021), penambahan kasus harian COVID-19 di Negara Bagian New South Wales (NSW) pecah rekor.

Sydney merupakan ibu kota NSW. Hampir seluruh kasus COVID-19 yang muncul di NSW pada Kamis ini terjadi di Sydney.

Menurut otoritas kesehatan NSW, dalam 24 jam muncul 38 kasus baru. Jumlah itu naik dari hari sebelumnya yaitu 27 kasus.

Warga berjalan di trotoar dekat Pantai Bondi yang ditutup di Sydney, Australia. Foto: REUTERS / Loren Elliott

Kenaikan terbesar sejak pandemi COVID-19 di NSW, terjadi jelang pekan ketiga lockdown. Pengumuman lockdown disampaikan Menteri Utama NSW Gladys Berejiklian Rabu (7/7/2021) kemarin.

Dia berharap penambahan waktu lockdown sampai sepekan ke depan adalah yang terakhir. Oleh sebab itu, agar penularan virus corona dapat terkendali Berejiklian berencana memperluas vaksinasi.

“Kami tak mau lagi memperpanjang lockdown, kami tak mau lihat Sydney dan NSW masuk keluar lockdown. Sebagian besar populasi kami harus divaksin,” ucap Berejiklian seperti dikutip dari Reuters.

Sejak lockdown diberlakukan sekitar dua pekan lalu, total kasus infeksi virus corona di NSW mencapai hampir 400 kasus. NSW menjadi penyumbang terbanyak kasus infeksi corona di seluruh Australia pada saat ini.

Lonjakan kasus COVID-19 di NSW bermula dari klaster antar jemput kru pesawat internasional. Diduga salah satu kru membawa varian Delta.

Varian itu merupakan biang kerok lonjakan kasus di NSW. Sebab, varian Delta yang lahir di India lebih menular dan ganas dibanding varian lain.

Comments are closed.