Imam Masjid Agung Solo Wafat saat Isolasi Mandiri

Imam Masjid Agung Solo, KH Zumroni Masykuri. (FOTO:istimewa)

SOLO-Imam Masjid Agung Solo, KH Zumroni Masykuri wafat saat menjalani isolasi mandiri, Rabu (07/07/2021). Ulama tersebut diketahui positif COVID-19 sejak sepekan lalu.

“Almarhum wafat karena COVID-19,” kata Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad saat dikonfirmasi.

Menurutnya, Zumroni terkonfirmasi positif COVID-19 sejak sepekan lalu dan langsung menjalani isolasi mandiri. Lantaran kondisinya memburuk, keluarga sempat berencana membawanya ke rumah sakit.

“Tapi almarhum meninggal sebelum sempat dibawa ke rumah sakit,” kata Basid. selama ini Zumroni diketahui memiliki penyakit penyerta atau komorbid berupa gangguan jantung.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan ke pemakaman keluarga yang berada di Boyolali. Sebelum dibawa ke pemakaman, jenazah akan disinggahkan ke kompleks MAsjid Agung Solo.

Di tempat tersebut jenazah akan disalatkan tanpa diturunkan dari mobil jenazah yang membawanya. “Tetap di dalam mobil,” katanya.

KH Zumroni Masykuri merupakan salah satu imam yang rutin memimpin jemaah Salat Shubuh dan Salat jum’at sejak 10 tahun silam. Dia juga menjadi pengasuh Pesantren Tahfizul Qur’an yang berada di dalam kompleks Masjid Agung.

Masjid itu sendiri sudah tidak lagi membuka salat jemaah sejak 3 Juli lalu, mengikuti aturan PPKM Darurat. “Salat jemaah hanya diikuti oleh santri pondok pesantren,” kata Basid.

(Tara Wahyu)

Comments are closed.