Hutan di Kota Lytton, Kanada, Terbakar Akibat Gelombang Panas

Kobaran api di sepanjang jalan saat kebakaran hutan di Lytton, British Columbia, Kanada. Foto: 2 RIVERS REMIX SOCIETY/Reuters

Kebakaran hutan hebat terjadi di Kota Lytton, Provinsi British Columbia, Kanada, pada Kamis (1/7). Pepohonan dan berbagai bangunan ludes terbakar di tengah-tengah gelombang panas terburuk yang pernah dialami kota ini.

Dikutip dari Reuters, Jumat (2/7), beruntung warga di Kota Lytton telah dievakuasi satu hari sebelum kebakaran hutan melanda.

Pada pekan ini, selama tiga hari berturut-turut, Kanada mencetak rekor temperatur tertinggi sepanjang waktu.

Pemerintah setempat tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca yang lebih panas serta ancaman kebakaran hutan lainnya di tengah gelombang panas yang juga menghantam negara tetangganya, Amerika Serikat.

“Kota ini mengalami kerusakan struktural dan 90% dari desa telah terbakar, termasuk pusat kota,” ujar anggota Parlemen untuk Mission-Matsqui-Fraser Canyon, Brad Vis.

Kebakaran ini, menurut Vis, juga menyebabkan kerusakan parah pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) British Columbia serta berbagai jalan besar, membatasi akses ke Kota Lytton.

Video amatir menunjukkan para penduduk berusaha melarikan diri dari kota tersebut menggunakan mobil. Api melalap pepohonan dan bangunan-bangunan dengan cepat. Saking cepatnya api menjalar, warga terpaksa harus meninggalkan barang-barang serta hewan peliharaan mereka.

Kobaran api di sepanjang jalan saat kebakaran hutan di Lytton, British Columbia, Kanada. Foto: 2 RIVERS REMIX SOCIETY/Reuters

Wali Kota Lytton, Jan Polderman, sebelumnya telah memerintahkan 250 penduduk kota itu untuk evakuasi pada Rabu (30/6).

“Mengerikan. Seluruh kota terbakar dilalap api,” ujar Polderman.

“Hanya memakan 15 menit saja dari awal terlihat asap, dan tiba-tiba, api sudah menjalar di mana-mana,” lanjutnya.

Penduduk di 87 rumah yang berlokasi di sebelah utara Lytton juga diperintahkan untuk meninggalkan rumahnya.

Kobaran api di sepanjang jalan saat kebakaran hutan di Lytton, British Columbia, Kanada. Foto: 2 RIVERS REMIX SOCIETY/Reuters

Lytton mencatatkan suhu terpanas mereka, yakni 49,6 derajat celsius, pada Selasa (29/6). Rekor suhu tertinggi Kanada sebelumnya dipegang oleh suhu 45 derajat celsius di Saskatchewan pada tahun 1937 silam.

Pada Rabu (30/6), angin kencang terjadi di Lytton dengan kecepatan 71 km per jam. Embusan angin itulah yang membuat api menjadi dengan secepat kilat menjalar, menghanguskan kota.

Di British Columbia sendiri, setidaknya 486 kematian mendadak dilaporkan hanya dalam rentang waktu lima hari, mulai dari Jumat (25/6) hingga Rabu (30/6).

Comments are closed.