Hasil Euro 2020: Kartu Merah & Gol Menit Akhir Bawa Ukraina Bungkam Swedia

Pemain Swedia Victor Lindelof duel dengan pemain Ukraina Roman Yaremchuk saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Andy Buchanan/Reuters

Ukraina berhasil membungkam Swedia pada babak 16 besar Euro 2020. Tampil di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB, mereka menang dengan skor tipis 2-1.

Gol Swedia di laga ini dicatatkan oleh Emil Forsberg (43′). Sedangkan Ukraina mencetak gol via Olaksandr Zinchenko (28′) dan Artem Dovbyk (120+2′).

Hasil ini bikin Ukraina lolos ke perempat final untuk menghadapi Inggris. Sementara itu, pupus sudah harapan Swedia untuk berbuat banyak di kompetisi ini.

Susunan Pemain Swedia vs Ukraina

Swedia (4-4-2): Olsen; Lustig, Lindeloef, Danielson, Augustinsson; Larsson, Ekdal, Olsson, Forsberg; Isak, Kulusevski.

Ukraina (4-3-3): Bushchan; Kryvtsov, Zabarnyi, Matviyenko, Karavaev; Zinchenko, Stepanenko, Sydorchuk, Shaparenko; Yarmolenko, Yaremchuk.

Jalannya Pertandingan Swedia vs Ukraina

Pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko mencetak gol ke gawang Swedia saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Andy Buchanan/Reuters

Ukraina langsung memainkan tempo yang cepak pada awal-awal laga. Mereka berhasil mendominasi jalannya pertanidngan. Di sisi lain, Swedia juga mampu mengimbangi permaianan Ukraina.

Pada menit ke-11, Ukraina mendapat peluang emas dalam mencetak gol terlebih dahulu lewat Andrij Yarmolenko. Menerima umpan, ia melepaskan tembakan ke arah sisi kiri gawang. Namun, Robin Olsen selaku kiper Swedia masih mampu menghalaunya.

Dua menit kemudian, giliran Swedia yang dapat kesempatan emas. Alexander Isak melepaskan tembakan usai menerima operan yang sangat bagis. Akan tetapi, bola masih melebar tipis dari sisi kanan gawang.

Ukraina membuka angka terlebih dahulu pada menit ke-28. Umpan silang Yarmolenko di depan gawang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Oleksandr Zinchenko. Sepakan kerasnya tidak mampu dibendung kiper Swedia.

Di menit ke-43, Swedia berhasil menyamakan kedudukan. Adalah Emil Forsberg yang jadi aktornya. Ia melepaskan tendangan dari pinggir kotak penalti usai memanfaatkan operan Alexander Isak.

Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga jeda babak pertama. Skor sementara masih imbang 1-1.

Pemain Swedia Dejan Kulusevski duel dengan pemain Ukraina Taras Stepanenko saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Lee Smith/Reuters

Pada babak kedua, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Ukraina masih memegang kendali, sedangkan Swedia lebih menunggu sambil memanfaatkan serangan balik.

Pada menit ke-56, Sergiy Sydorchuk hampir membuat Ukraina unggul. Sayangnya, tembakan sang pemain hanya membentur mistar gawang. Tak berselang lama, Swedia juga mendapatkan peluang yang serupa. Usaha Forsberg masih membentur tiang.

Tembakan Forsberg lagi-lagi masih mengenai mistar gawang pada menit ke-68. Hal tersebut didapat setelah sang pemain melakukan dribel ke depan kotak penalti dan melepas tendangan melengkung.

Meski begitu, gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang hingga selesainya 90 menit laga berjalan. Swedia vs Ukraina berlanut ke babak tambahan.

Selebrasi pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko saat melawan Swedia saat pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Inggris. Foto: Robert Perry/Reuters

Petaka datang buat Swedia di awal masa extra time, tepatnya di menit ke-98. Marcus Danielson diganjar kartu merah oleh wasit usai melepaskan tekel keras ke pemain Ukraina. Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan keputusannya.

Artem Dovbyk jadi pahlawan kemenangan Ukraina lewat golnya jelang berakhirnya laga, tepatnya di menit ke-120.

****

Comments are closed.