Hasil Euro 2020: Inggris Paksa Jerman Bertekuk Lutut & Angkat Koper

Duel antara pemain Jerman Robin Gosens dengan pemain Inggris Kieran Trippier pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Inggris menekuk Jerman pada laga babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Skor akhir laga Selasa (29/6) malam WIB itu adalah 2-0. The Three Lions memaksa Die Mannschaft bertekuk lutut.

Gol Inggris dicetak oleh Raheem Sterling (75′) dan Harry Kane (86′), sedangkan gol Jerman tidak ada. Dengan begini, pasukan Gareth Southgate lolos ke perempat final Euro 2020. Sementara itu, perjuangan armada Joachim Loew terhenti sampai di 16 besar.

Starting XI Inggris vs Jerman

Inggris XI: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Bukayo Saka, Harry Kane, Raheem Sterling.

Jerman XI: Manuel Neuer; Antonio Ruediger, Matthias Ginter, Mats Hummels; Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Toni Kroos, Robin Gosens; Kai Havertz, Timo Werner, Thomas Mueller.

Jalannya Laga Inggris vs Jerman

Duel pemain inggris Bukayo Saka dengan pemain Jerman Robin Gosens pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: John Sibley/Reuters

Kedua tim silih berganti membangun serangan di awal laga. Tembakan pertama Jerman hadir di menit 4. Goretzka melepas tembakan jarak jauh yang bolanya berakhir di pelukan Pickford.

Hingga 10 menit laga berjalan, Jerman lebih pintar membangun serangan dan merebut bola. Mereka lebih lancar dalam mengumpan, bahkan bisa mengangkat bola ke kotak penalti Inggris.

Ada momen Rice diganjar kartu kuning di menit 8 karena menjegal Goretzka yang menerima umpan terobosan. Posisinya dekat dengan kotak penalti, tetapi hanya menghasilkan tendangan bebas.

Pemain Inggris Declan Rice melanggar pemain Jerma Leon Goretzka pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Carl Recine/ReutersPemain Inggris Declan Rice mendapat kartu kuning dari wasit Danny Makkelie saat pertandingan melawan Jerman pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Carl Recine/Reuters

Inggris menciptakan peluang emas di menit 16 via sepakan akurat Sterling dari luar kotak penalti dan bola masih bisa ditepis Neuer. Bola sundulan akurat Maguire satu menit berselang hasil umpan sepak pojok pun masih bisa ditangkap si kapten Jerman.

Lama-kelamaan, Inggris mulai mengimbangi permainan, bahkan menyulitkan Jerman, terutama dengan serangan yang memanfaatkan sisi tepi lapangan. Ginter diganjar kartu kuning di menit 25 karena menjatuhkan Shaw.

Werner mendapat peluang emas di menit 32. Mendapat umpan terobosan datar dari Havertz, ia menendang bola dari jarak dekat, tetapi Pickord masih sigap menepisnya.

Kane berhasil mendapatkan bola muntah di depan gawang pada menit 45+1. Belum sempat ditendang, bola berhasil diamankan Hummels dengan tekel. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Havertz mendapat kans emas di menit 48. Menerima umpan silang Kroos, ia melepas sepakan first time yang sayangnya bola masih bisa ditepis Pickford.

Setelahnya, kedua tim saling jual-beli serangan. Namun, belum ada peluang emas lagi ataupun gol hingga menit 70. Pada menit 68, Jerman memasukkan Serge Gnabry dan menarik Werner. Semenit kemudian, Inggris memasukkan Jack Grealish dan menarik Saka.

Gol yang dinanti Inggris tercipta di menit 75. Sterling membobol gawang Neuer.

Prosesnya: Sterling melakukan tusukan dengan membawa bola di antara celah pemain Jerman lalu mengoper bola ke Kane, Kane mengoper bola ke Grealish, Grealish mengoper ke Shaw, Shaw kirim umpan silang datar, Sterling mengoyak gawang Neuer dengan tendangannya. 1-0.

Mueller mendapat peluang emas mencetak gol di menit 81. Mendapat umpan terobosan Havertz, Mueller hanya tinggal satu lawan satu dengan Pickford, tetapi tendangan datarnya melebar di samping kanan gawang Jerman.

Inggris mencetak gol kedua di menit 86. Kane membobol gawang Jerman via sundulan kepala usai menerima umpan lambung silang Grealish. 2-0. Gol ini juga diawali ketidaksigapan Gnabry ketika bola berhasil direbut darinya.

Skor 2-0 tak berubah hingga akhir laga. Inggris kalahkan Jerman di 16 besar Euro 2020.

***

Comments are closed.