Hasil Euro 2020: Drama 8 Gol & Blunder Kiper, Spanyol Hantam Kroasia

Perebutan bola antara pemain Spanyol Alvaro Morata dengan pemain Kroasia Duje Caleta-Car saat Babak 16 Besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Hannah Mckay/Reuters

Spanyol berhasil mengalahkan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020. Berlaga di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021) malam WIB, La Furia Roja menang dengan skor 5-3.

Spanyol sempat tertinggal lewat gol bunuh diri dari Pedri di menit ke-20. Pada prosesnya, Unai Simon selaku penjaga gawang melakukan blunder fatal.

Spanyol sempat comeback lewat gol-gol yang dicetak oleh Pablo Sarabia (38′), Cesar Azpilicueta (57′), dan Ferran Torres (77′). Namun, Kroasia memaksa laga berlanjut ke babak extra time lewat gol Mislav Orsic (85′) dan Mario Pasalic (90+2′).

Di babak tambahan, Spanyol mencetak dua gol lagi via Alvaro Morata (100′) dan Mikel Oyarzabal (103′).

Hasil ini membuat Spanyol melaju ke perempat final Euro 2020 dan bakal berhadapan dengan Prancis atau Swiss. Sementara itu, pupus sudah harapan Kroasia untuk berbuat banyak di kompetisi ini.

Susunan Pemain Kroasia vs Spanyol

Kroasia (4-1-2-3): Livakovic; Juranovic, Vida, Caleta-Car, Gvardiol; Brozovic; Modric, Kovacic; Vlasic, Petkovic, Rebic.

Spanyol (4-3-3): Simon; Azpilicueta, Garcia, Laporte, Gaya; Koke Busquets, Pedri; Torres, Morata, Sarabia.

Jalannya Pertandingan Kroasia vs Spanyol

Selebrasi gol pemain Kroasia saat melawan Spanyol pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Stuart Franklin/Reuters

Spanyol langsung mendominasi pertandingan di menit-menit awal. Di sisi lain, Kroasia bermain lebih bertahan sambil menunggu momen untuk melakukan serangan balik.

Spanyol mendapatkan peluang perdana pada menit ke-13 lewat Pablo Sarabia. Sayangnya, tendangan sang pemain hanya menyamping di sisi gawang Dominic Livakovic.

Tiga menit berselang, Spanyol kembali mendapat kesempatan. Kali ini sangat bagus. Koke menerima umpan terobosan di depan gawang. Sayangnya, tembakan sang gelandang tidak cukup keras dan berhasil dihalau oleh Livakovic.

Petaka bagi Spanyol terjadi di menit ke-20. Unai Simon melakukan blunder fatal. Sang kiper gagal mengontrol backpass yang dilakukan oleh Pedri dengan baik. Alhasil, bola meluncur deras ke gawang sendiri.

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Hannah McKay/Reuters

Selepas gol itu, Kroasia hampir menggandakan keunggulannya empat menit kemudian. Nikola Vlasic melewati barisan pertahanan Spanyol dan masuk ke gawang dengan mudah dari sisi kanan. Akan tetapi, tendangannya melebar ke samping tiang gawang.

Pada menit ke-38, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan berkat gol dari Pablo Sarabia. Ia menceploskan bola ke gawang usai memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Jose Gaya yang ditepis kiper Kroasia. Skor imbang 1-1 pun menutup babak pertama.

Pemain Spanyol Pablo Sarabia saat mencetak gol ke gawang Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Friedemann Vogel/Reuters

Kembali dari ruang ganti, Zlatko Dalic selaku pelatih Kroasia melakukan perubahan strategi. Ia menarik keluar Bruno Petkovic dan memasukkan Andrej Kramaric.

Spanyol berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-57. Cesar Azpilicueta mencetak gol via sundulan di depan gawang setelah menerima umpan silang dari Ferran Torres.

Kroasia mendapat peluang bagus pada menit ke-67. Josko Gvardiol melepaskan tembakan di depan kotak penalti usai menerima umpan silang rekannya. Namun, Simon berhasil menangkap bola hasil tendangan tersebut.

Selebrasi pemain Spanyol usai Pablo Sarabia menjebol gawang Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Stuart Franklin/Reuters

Spanyol memperlebar jarak dengan mencetak gol ketiga via Ferran Torres. Menerima umpan jauh dari Pau Torres, ia mampu menceploskan bola ke gawang.

Kroasia mampu memangkas jarak. Mereka mencetak gol lewat Mislav Orsic pada menit ke-85. Wasit sempat meninjau VAR untuk mengesahkan gol tersebut.

Saat pertandingan tinggal menyisakan beberapa menit, Kroasia sukses menyamakan kedudukan. Mario Pasalic mencetak gol via sundulan di masa injury time usai menerima umpan silang Orsic. Laga pun berlanjut ke babak tambahan.

Pemain Spanyol merayakan gol pertama usai menjebol gawang Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Stuart Franklin/Reuters

Spanyol kembali unggul di menit ke-100. Adalah Alvaro Morata yang jadi aktornya. Ia berhasil mencetak gol usai menerima umpan silang Dani Olmo di depan gawang.

Mikel Oyarzabal menggandakan keunggulan Spanyol di menit 103. Ia mencetak gol usai menerima operan Olmo di kotak penalti Kroasia. Tendangan kaki kirinya mengubah skor jadi 5-3. Skor ini bertahan hingga bubar.

****

Comments are closed.