Hasil Copa America 2021: Lionel Messi Gemilang, Argentina Terkam Ekuador

Aksi Pemain Argentina, Lautaro Martinez pada laga Copa America 2021. Foto: Diego Vara/Reuters

Argentina mengalahkan Ekuador di babak perempat final Copa America 2021. Berlaga di Pedro Ludovico Olympic Stadium, Goiania, Goias, Brasil, Minggu (4/7/2021) pagi WIB, ‘Tim Tango’ menang dengan skor 3-0. Lionel Messi gemilang di laga ini.

Satu-satunya gol Argentina diciptakan oleh Rodrigo De Paul (40′) dan Lautaro Martinez (84′). Adapun Messi jadi kreator dua gol itu dan berhasil mencatatkan namanya di papan skor juga via sepakan bebas di menit ke-90.

Hasil ini membuat Argentina melaju ke babak semifinal Copa America 2021 dan bakal melawan Kolombia. Sementara itu, pupus sudah harapan Ekuador berbuat banyak di ajang ini.

Susunan Pemain Argentina vs Ekuador

Argentina (4-3-3): Martinez; Molina, Pezzella, Otamendi, Acuna; De Paul, Paredes, Lo Celso; Messi, Gonzalez, Martinez.

Ekuador (4-2-3-1): Galindez; Preciado, Hincapie, Arboleda, Estupinan; Franco, Mendez; Mena, Gruezo, Palacios; Valencia.

Jalannya Pertandingan Argentina vs Ekuador

Para pemain Argentina melakukan protes kepada wasit pada laga Argentina vs Ekuador di Copa America 2021. Foto: Diego Vara/Reuters

Argentina langsung menguasai pertandingan sejak menit awal. Mereka melakukan sejumlah serangan, namun masih terhambat oleh solidnya bek Ekuador. Di sisi lain, Ekuador lebih menunggu dan mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-14, Lautaro Martinez mengontrol bola di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan ke tengah gawang, namun pemain lawan melakukan berhasil melakukan sapuan hebat.

Di menit ke-23, Lionel Messi juga tidak beruntung. Meski sudah mengalahkan kiper lawan dengan posisi satu lawan satu, tembakannya hanya mengenai mistar gawang. Peluang ini berawal dari kesalahan oper dari pemain Ekuador, bola kemudian direbut Messi.

Aksi Pemain Argentina, Lautaro Martinez pada laga Copa America 2021. Foto: Diego Vara/Reuters

Peluang terbaik Ekuador datang di menit ke-39. Enner Valencia menerima umpan silang rekannya di depan gawang. Sayangnya, sundulan sang penyerang hanya melebar tipis ke gawang.

Argentina akhirnya berhasil membuka angka satu menit berselang lewat Rodrigo De Paul. Ia menerima umpan Messi di depan gawang kosong usai kiper Ekuador menabrak pemain Argentina. Alhasil, skor 1-0 buat Argentina bertahan hingga jeda babak pertama.

Selebrasi Pemain Argentina, Rodrigo De Paul usai mencetak gol ke gawang Ekuador pada laga Copa America 2021. Foto: Diego Vara/Reuters

Kembali dari ruang ganti, Gustavo Alfaro selaku pelatih Ekuador melakukan perubahan taktik. Ia menarik keluar Carlos Gruezo dan Diego Palacios. Mereka digantikan oleh Michael Estrada dan Gonzalo Plata.

Pada babak kedua, situasi pertandingan tidak banyak berubah. Argentina lebih banyak menguasai bola dan mendominasi laga. Sementara itu, Ekuador lebih bermain bertahan sambil menunggu momen serangan balik.

Di menit ke-58, Emiliano Martinez melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan upaya Enner Valencia yang membuat ruang di dalam kotak dan melepaskan tendangan mendatar cepat ke pojok kiri bawah gawang Argentina.

Duel udara antara Pemain Ekuador, Enner Valencia dan Argentina, German Pezzella pada laga Copa America 2021. Foto: Diego Vara/Reuters

Meski mendominasi, Argentina kesulitan menembus kuatnya lini pertahanan Ekuador. Mereka justru kewalahan ketika menerima serangan balasan.

Pada menit ke-80, Gonzalo Plata melesat melewati beberapa pemain Argentina dan masuk ke dalam kotak penalti. Sayangnya, tembakannya masih bisa dimentahkan oleh Martinez.

Empat menit berselang, Lautaro Martinez berhasil mencetak gol usai menerima operan Messi di depan gawang. Gol berawal dari kesalahan pemain Ekuador dalam memainkan bola di areanya sendiri.

Messi menutup pesta Argentina lewat golnya di menit ke-90 lewat sepakan bebas. Tim Tango pun melaju ke babak semifinal.

****

Comments are closed.