Hasil Copa America 2021: Diwarnai Kartu Merah & Drama VAR, Brasil Bungkam Chile

Neymar melewati kepungan pemain Chile pada laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Brasil menumbangkan Chile di babak perempat final Copa America 2021. Bermain di Estadio Olimpico Nilton Santos, Rio de Janeiro, Sabtu (3/7/2021) pagi WIB; ‘Tim Samba’ menang dengan skor tipis 1-0. Drama VAR dan kartu merah mewarnai laga ini.

Gol semata wayang Brasil di laga ini dicatatkan oleh Lucas Paqueta di menit ke-46. Mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-49 karena Gabriel Jesus diganjar kartu merah oleh wasit. Ia melakukan pelanggaran keras kepada pemain Chile.

Chile sejatinya berhasil mencetak gol via Eduardo Vargas di menit ke-62. Namun, wasit menganulirnya karena offside dan sempat meninjau VAR.

Hasil ini membuat Brasil melaju ke babak semifinal Copa America 2021 dan bakal melawan Peru. Sementara itu, pupus sudah harapan Chile berbuat banyak di ajang ini.

Susunan Pemain Brasil vs Chile

Brasil (4-2-3-1): Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi; Casemiro, Fred; Gabriel Jesus, Firmino, Richarlison; Neymar.

Chile (5-3-2): Bravo; Isla, Sierralta, Medel, Vegas, Mena; Vidal, Pulgar, Aranguiz; Vargas, Sanchez.

Jalannya Pertandingan Brasil vs Chile

Alexis Sanchez melewati para pemain timnas Brasil di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Brasil banyak mengandalkan umpan-umpan langsung, membawa bola secepat mungkin ke area pertahanan lawan. Di sisi lain, Chile lebih sering menunggu momen serangan balasan.

Kendati demikian, Chile tampil lebih dominan dari segi statistik. Pada babak pertama, Alexis Sanchez dan kolega mampu memegang penguasaan bola hingga 51 persen. Mereka juga melakukan pressing yang cukup ketat terhadap tuan rumah.

Di sisi lain, Brasil tercatat mampu melepas total enam tembakan, dua di antaranya akurat. Adapun Chile membuat empat sepakan dengan tiga di antaranya tepat sasaran.

Meski begitu, hingga 45 menit laga berjalan, belum ada bola yang masuk ke gawang. Neymar dan Richarlison menjadi dua pemain yang paling menonjol di babak pertama lewat aksi-aksinya. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Charles Aranguiz dan Fred berduel merebut bola dalam laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Kembali dari ruang ganti, Tite selaku pelatih Brasil melakukan pergantian taktik. Ia menarik keluar Roberto Firmino dan memasukkan Lucas Paqueta.

Keputusan itu langsung berbuah hasil. Paqueta berhasil mencetak gol satu menit setelah berjalannya pertandingan babak kedua. Ia melakukan kerja sama apik dengan Neymar di depan gawang usai melepaskan tembakan yang tidak mampu dibendung Claudio Bravo.

Petaka bagi Brasil datang tiga menit berselang. Gabriel Jesus diganjar kartu merah oleh wasit usai melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Chile. Ia mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai wajah lawannya.

Tendangan Richalison pada laga Brasil vs Chile di ajang Copa America 2021. Foto: Ricardo Moraes/REUTERS

Chile berhasil mencetak gol via Eduardo Vargas pada menit ke-62. Ia menceploskan bola ke gawang usai menerima sepakan bola mati. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena offside dalam prosesnya.

Wasit sempat meninjau VAR untuk memastikan keputusannya tersebut. Alhasil, keunggulan Brasil pun masih bertahan.

Meski demikian, tidak ada gol lagi yang tercipta hingga 90 menit laga berjalan. Sejumlah peluang yang hadir buat Chile berhasil digagalkan solidnya bek Brasil dan Ederson, sedangkan Brasil tidak mampu mencetak gol lagi lewat skema serangan balik. Skor 1-0 bertahan hingga akhir.

****

Comments are closed.