Gubernur Bali: PPKM Darurat Perintah yang Harus Dilaksanakan

Gubernur Bali Wayan Koster saat mengumumkan PPKM Darurat di Bali – WIB

DENPASAR – Gubernur Bali, I Wayan Koster menegaskan PPKM Darurat merupakan perintah yang harus dilaksanakan demi keselamatan semua masyarakat di Bali.

Saat ditanya apakah kebijakan PPKM Darurat merupakan langkah tepat di Bali, Koster menegaskan langkah ini teramat penting untuk menekan kasus COVID-19. “Bukan soal tepat atau tidak tepat, ini perintah yang harus dilaksanakan, demi keamanan kita semua,” tegasnya Jumat (02/07/21).

Kata dia, per hari ini kasus COVID-19 mencapai angka 343 kasus. Angka ini mengalami kenaikan dibanding hari sebelumnya, Kamis (01/07) yang mencapai angka 311 kasus.

Sementara itu, dalam Surat Edaran (SE) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Bali, koster menyebut bagi kepala daerah yang wilayahnya yang tidak melaksanakan aturan ini akan dikenakan sangsi.

“Bupati dan Walikota yang tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana yang diatur dalam SE Gubernur dikenakan sanksi administrasi berupa teguran tertulis dua kali berturut-turut sampai dengan pemberhentian sementara sebagaimana diatur dalam Pasal 68 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” ujarnya.

Tak hanya itu, bagi pelaku usaha, restoran, pusat perbelanjaan, transportasi umum yang tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana diatur dalam SE Gubernur dikenai sanksi administratif sampai dengan penutupan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam SE Gubenur ini, seluruh kabupaten/kota di Bali menerapkan PPKM Darurat. “SE Gubernur ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan dua hal yaitu pertama; semakin tingginya penularan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali saat ini yang ditandai dengan semakin meningkatnya kasus baru COVID-19 perhari. Kedua, semakin pentingnya bagi semua pihak untuk menjaga kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi masyarakat Bali,” ujarnya.

PPKM Darurat di seluruh wilayah di Bali, akan mulai diberlakukan Sabtu (03/07) esok hingga (20/07) mendatang. (Kanalbali/WIB)

Comments are closed.