Golkar soal Kaesang Maju Pilkada 2024: Bapak Presiden, Kakak Walkot

Ahmad Doli Kurnia. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan

Waketum Golkar, Ahmad Doli Kurnia, merespons keinginan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, maju di Pilkada 2024 sebagai eksekutif, wali kota, atau bupati. Doli menganggap wajar jika Kaesang tertarik terjun politik karena berada di lingkungan yang berdekatan dengan politik.

Ia menuturkan Kaesang memiliki keluarga yang dekat dengan politik, ayahnya seorang Presiden dan kakaknya, Gibran Rakabuming Walkot Solo dan kakak iparnya, Bobby Nasution Walkot Medan.

“Ya satu kan orang mau terjun atau tidak ke politik itu kan hak asasi manusia dan apalagi Kaesang itu lingkungannya itu selama ini sudah berada di lingkungan politik, artinya orang tuanya presiden, aktif di parpol. Terus kemudian juga dua abangnya juga jadi walkot,” kata Doli di Hotel Redtop, Jakarta Pusat, Rabu (25/1).

“Lingkungan yang selama ini dijalani Kaesang itu pasti ada pembicaraan politik jadi wajar saja kemudian dia tertarik,” lanjutnya.

Ia pun yakin Kaesang memiliki pertimbangan tersendiri saat menyatakan ingin maju di dunia politik. Bukan hanya sekadar karena mengikuti jejak ayahnya, Jokowi.

“Mereka kan masing-masing punya pertimbangan, kematangan masing-masing ya. Ini kan sudah diberi amanah masing-masing jadi wali kota. Saya kira enggak. Itukan keinginan mereka,” ucap dia.

Doli mencontohkan putra sulung dan menantu Jokowi, Gibran dan Bobby. Menurutnya, meski keluarga presiden, namun kinerja Gibran dan Bobby sebagai wali kota terlihat.

“Saya kira selama ini di Solo, di Medan itu kan kita bisa nilai mereka cukup baik menjalankan pemerintahannya di sana,” tandasnya.

Comments are closed.