Gol Pembuka Spanyol Bukan Dicetak Jordi Alba, Tapi Bunuh Diri

Selebrasi pemain Spanyol saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Friedemann Vogel/Reuters

Satu lagi gol bunuh diri (own goal) tercipta di Euro 2020. Kali ini, datang dari penggawa Timnas Swiss, Denis Zakaria, di laga kontra Spanyol di babak perempat final, Jumat (2/7) malam WIB.

Hal ini terjadi saat laga belum genap berjalan delapan menit. Berawal dari sepak pojok, Jordi Alba melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat berbelok usai membentur Denis Zakaria, sebelum masuk ke gawang Swiss.

Awalnya, perangkat pertandingan mencatat gol Spanyol dicetak oleh Jordi Alba. Namun, hal itu kemudian direvisi menjadi own goal Denis Zakaria.

”Sekarang sudah dikonfirmasi tercatat sebagai own goal Denis Zakaria,” tulis keterangan ofisial Euro 2020 di Twitter.

Keputusan serupa–merevisi pencetak gol–sebelumnya juga terjadi di laga Kroasia vs Spanyol. Kala itu, pemain Spanyol, Pedri, melakukan back pass ke penjaga gawang Unai Simon, namun Simon gagal mengontrol bola dan masuk ke gawangnya sendiri.

Gol itu awalnya dicatat sebagai own goal Simon. Akan tetapi, tak lama usai keputusan tersebut, perangkat pertandingan meralat dan mencatat sebagai own goal Pedri.

Adapun, gol ini menambah daftar own goal di Euro 2020 menjadi sepuluh. Angka ini menjadi rekor tersendiri sepanjang sejarah gelaran kompetisi Euro.

Daftar Pencetak Gol Bunuh Diri di Euro 2020 hingga 2 Juli 2021

Merih Demiral (Turki)

Wojciech Szczesny (Polandia)

Mats Hummels (Jerman)

Raphael Guerreiro (Portugal)

Lukas Hradecky (Finlandia)

Martin Dubravka (Slowakia)

Juraj Kucka (Slowakia)

Ruben Dias (Portugal)

Pedri (Spanyol)

Denis Zakaria (Swiss)

Comments are closed.